Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Metode Bercakap-cakap terhadap Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Nurul Qur’an SurabayaPenulis : MailakhahDosen Pembimbing I : Muhammad Busysro Karim, S.Ag, M.SiDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, M.Psi.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap terhadap kemampuan berbahasa reseptif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-exsperimental Design jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistik nonparametrik. Berupa uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan data berupa pretest dan posttes. Hasil penelitian ini diperoleh data pada saat pretest terdapat 7 anak tergolong belum berkembang, dan 7 anak tergolong mulai berkembang. Sedangkan pada saat posttest terdapat 9 anak tergolong berkembang sesuai harapan, dan 5 anak tergolong berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 21 maka (0 < 21), maka Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercakap-cakap terhadap kemampuan berbahasa reseptif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya. Hal tersebut terbukti dari hasil perhitungan jenjang bertanda Wilcoxon memperoleh nilai Thitung < Ttabel (0 < 21) maka Ha diterima.
AbstractionThis research has the purposes to know the impact of conversation method about receptive language skills of children aged 5-6 years in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya. This research uses the quantitative approach with experiment method and also uses the Pre-experimental Design with one-group pre-test post-test. The subject of this research is 14 children aged 5-6 years in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya. The writer uses the participant observation and documentation as a data collection method, such as, activity images and daily learning planning. The writer uses nonparametric data analysis techniques. It is the test which has marked Wilcoxon with pretest and posttest. The result of this research is obtained the data of pretest having 7 children in non-developing categories, and 7 children in developing categories. While, the data of posttest evidences that 9 children in developing categories as expected and 5 children in developing categories as good. According to the result of data calculation, this research uses the test which has marked Wilcoxon. It can be known that the value of Tcount is 0 and the value of Ttable is 21, thus the result is (0 < 21), thus Ha is received. The data analysis shows that there is the significant impact between conversation method about receptive language skills of children aged 5-6 years in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya. This is evident from the results of the calculation of the level marked Wilcoxon obtaining a value Thitung < Ttabel (0 < 21) then Ha is accepted.