Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Keterampilan Motorik Halus Anak pada Kelompok B (di Desa Durbuk Kecamatan Pademawu-Pamekasan).
    Penulis : Desi Ismawati
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, M.Psi, P.si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis keterampilan motorik halus anak di Kelompok B TK se-desa Durbuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Latar belakang mengambil penelitian ini karena adanya keterampilan motorik halus anak yang dilakukan belum sesuai dengan tujuan pencapaian perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 29 anak Kelompok B TK se-desa Durbuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. sedangkan objek penelitiannya adalah perkembangan motorik halus yang meliputi kemampuan menggunting sesuai dengan pola geometri, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan dan menggambar sesuai dengan gagasannya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan panduan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Keterampilan motorik halus anak Kelompok B TK di desa Durbuk kecamatan Padewamu Kabupaten Pamekasan melakukan kegiatan keterampilan motorik halus dengan 3 aspek yaitu menggunting, meronce, dan menggambar. Ketiga sekolah TK Setia Bakti, RA Nurud Dhalam, dan TK Muslimat III dapat disimpulkan bahwa aspek tertinggi yaitu aspek menggambar pada TK Setia Bakti dengan nilai deskriptif presentase sebesar 57,5%, RA Nurud Dhalam dengan nilai deskriptif presentase sebesar 67,5%,sedangkan TK Muslimat III dengan deskriptif presentase sebesar 55%. Keterampilan motorik halus anak pada kelompok B nilai terendah berada pada aspek menggunting, TK Setia Bakti dengan nilai deskriptif presentase sebesar 48,7%, RA Nurud Dhalam dengan nilai deskriptif presentase sebesar 52,5%, sedangkan TK Muslimat III dengan deskriptif presentase sebesar 38,5%. Kemudian aspek yang terahir yaitu meronce pada TK Setia Bakti dengan nilai deskriptif presentase sebesar 50%, RA Nurud Dhalam dengan nilai deskriptif presentase sebesar 55%, sedangkan TK M uslimat III dengan deskriptif presentase sebesar 55%. Kata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Anak Kelompok B.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to analyze the fine motor skills of children in Group B Kindergarten of Durbuk Village, Pademawu Subdistrict, Pamekasan District. Background to take this study because of the fine motor skills of children who are done not in accordance with the objectives of development achievement. This research is quantitative descriptive. The subjects were 29 children of group B kindergarten in Durbuk village, Pademawu sub-district, Pamekasan district. While the object of research is the development of fine motor that includes the ability to cut according to geometry patterns, exploring with various media and activities and drawing in accordance with the idea. Technique of collecting data by interview, observation, and documentation. The data collection instrument uses an observation sheet, and documentation guide. Data analysis technique using quantitative descriptive analysis. The fine motor skills of children of Group B Kindergarten in Durbuk village, Padewamu sub-district, Pamekasan District perform fine motor skills activities with 3 aspects: cutting, meronce, and drawing. The three schools of Kindergarten Setia Bakti, RA Nurud Dhalam and TK Muslimat III can be concluded that the highest aspect is the drawing aspect of the Setia Bakti Kindergarten with the percentage descriptive value of 57.5%, RA Nurud Dhalam with the percentage descriptive value of 67.5%, while TK Muslimat III with descriptive percentage of 55%. The fine motor skills of children in group B the lowest score was in cutting aspect, Kindergarten Setia Bakti with percentage descriptive value of 48.7%, RA Nurud Dhalam with 52.5% percentage descriptive value, while TK Muslimat III with descriptive percentage of 38, 5%. Then the last aspect is meronce on Setia Bakti Kindergarten with percentage descriptive value of 50%, RA Nurud Dhalam with percentage descriptive value of 55%, while TK M uslimat III with descriptive percentage of 55%. Keywords: Fine Motor Skill, Children Group B

Detail Jurnal