Detail Karya Ilmiah
-
KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK AL-GHAZALI (Studi Deskriptif pada anak yang diasuh kerabat di Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan)Penulis : YuliatinDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, M. Psi., P.siDosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MAAbstraksi
Yuliatin. 2017. Kemandirian Anak Usia Dini Di Sekolah (Studi Deskriptif Pada Anak Yang Diasuh Kerabat Di Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Dewi Mayangsari, M. Psi., Psi dan Siti Fadjryana Fitroh, S. Psi., MA Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak usia dini yang diasuh oleh kerabat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 4 anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya pengasuhan kerabat pada anak usia dini terdiri dari pengasuhan permisif. Pada aspek gaya pengasuhan permisif ditunjukkan dalam bentuk sikap pengasuh yang selalu menemani anak ketika di sekolah dan selalu memberikan semua yang anak minta. Selain itu, pengasuh membatasi anak untuk bergaul dengan anak-anak yang lain karena khawatir disakiti atau bertengkar. 2) Kemandirian anak usia dini yang diasuh oleh kerabat salah satunya dipengaruhi dengan gaya pengasuhan yang diterapkan oleh kerabat. Pada aspek percaya diri, anak berani maju ke depan dan berani melakukan sesuatu yang dianggapnya benar. Pada aspek dapat menentukan pilihan, anak berani menetukan pilihan, tetapi tidak bisa menerima konsekuensi terhadap pilihannya. Pada aspek penyesuaian diri, anak masih membutuhkan bantuan untuk membaur dengan teman, kurang dapat menghargai teman, dan kurang memiliki sikap mau bekerjasama dengan yang lain. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemandirian, Pengasuhan Kerabat
AbstractionYuliatin. 2017. Independently of Early Childhood in School (Descriptive Study for Child who was cared by Relative in Dempo Timur Village Pasean Subdistrict Regency of Pamekasan). Thesis, Early Childhood Education Program, Faculty of Sciences, University of Trunojoyo Madura. advisor: Dewi Mayangsari, M. Psi., Psi and Siti Fadjryana Fitroh, S. Psi., MA Abstract This research aims to know the independently of early childhood that was cared by relative. This research uses qualitative research descriptive method. The subject of this research is 4 early children. The finding of this research shows that 1) Parenting relative style for early childhood consists of permissive parenting. Permissive parenting style shows attitude of caregiver that always accompanies the child when to school and always gives what the child want. Besides that, the caregiver limits the child to interact with the other child because afraid hurted and contend. 2) One of the influence of the independently of early childhood that was cared by family is parenting style that was applied by the relative. For the confidence aspect, child brave to front and brave to do something that reputed true. For determine choice aspect, child braves to choose his/her choice, but cannot accept the consequence for his/her choice. For adaptation self aspect, child still needs the rescue to diffuse with friend, less to respect friend, and less to have attitude that want to collaborate with the other. . Keywords: Early Childhood, Independently, Relatives parenting