Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ASY-SYAMIL MOJOKERTO
    Penulis : Nur Aini
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Kharim, S.Ag., MSi
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra persiapan terhadap keterampilan motorik halus anak. Penelitian ini dilakukan di anak usia 4-5 tahun Kelompok Bermain Asy-Syamil Mojokerto. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Asy-Syamil berdasarkan hasil pretest menunjukkan bahwa secara kumulatif terdapat 7 anak yang tergolong kurang (K), 10 anak yang tergolong cukup (C), tidak ada anak yang tergolong baik (B), dan tidak ada anak yang tergolong sangat baik (SB). Sedangkan keterampilan motorik halus anak sesudah perlakuan hasil posttes menggunakan model pembelajaran sentra persiapan terdapat 17 anak yang tergolong baik (B). Pengolahan data menggunakan analisis data uji bertanda Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 35 maka 0 < 35 dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sentra persiapan terhadap keterampilan motorik halus anak.

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the effect of learning center preparation model on fine motor skills of children. This study was conducted in children aged 4-5 years Play Group Asy-Syamil Mojokerto. In this study researchers used a quantitative approach to the type of experiment with one group pretest posttest design. Techniques of data collection are use observation, interview and documentation. The results of the study of fine motor skills of 4-5 years old children in Asy-Syamil Playing Group based on pretest results show that cumulatively there are 7 children who are classified as less (K), 10 children are sufficient (C), no children are good B), and no child is very good (SB). While the fine motor skills of children after the treatment posttest result show using the learning center preparation models there are 17 children who are classified as good (B). Processing of data using test data analysis marked Wilcoxon with significant level 5%. The result of data analysis obtained T-count is 0 and T-table is 35 then 0<35 and Ha accepted. Based on the result of data analysis shows that there is a significant influence between the preparation center for fine motor skills of children.

Detail Jurnal