Detail Karya Ilmiah

  • Implemenyasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) pada PAUD di Kecamatan Pucuk
    Penulis : Nabilatul Fitriyah
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa' M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time), faktor pendukung dan penghambat pada PAUD di Kecamatan Pucuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di 5 lembaga diantaranya yaitu TK Irsyadul Ibad 1 Gempolpading, TK Putra Buana Wanar, TK ABA Kesambi, TK Dharma Wanita Waruwetan dan TK Irsyadul Ibad II Gempolmadu-Gempolpading. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan peserta didik. Data implementasi model pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time), dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles And Hubberman. Hasil analisis menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) pada PAUD di kecamatan Pucuk, 4 sekolah sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan model pembelajaran BCCT, dan masih ada 1 sekolah yang belum siap melaksanakan model pembelajaran ini. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan belajar, kesiapan pendidik dan kesiapan alat main sentra serta sarana dan prasarananya. Adapun faktor pendukungnya yakni anjuran atau intruksi dari UPTD dan adanya dukungan dari yayasan, komite, kepala sekolah dan orang tua di setiap lembaga, dan adanya sarana prasarana yang cukup. Faktor penghambat pelaksanaan model BCCT pada PAUD di kecamatan Pucuk ialah 1) kurangnya sarana dan prasarana sekolah, 2) kurangnya alat main sentra yang digunakan demi kelancaran pembelajaran, 3) kurangnya pendidik yang berkualifikasi PAUD dan 3) kurangnya pengetahuan tenaga pendidik tentang model pembelajaran BCCT.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the implementation of learning model of BCCT (Beyond Center and Circle Time), supporting and inhibiting factor in PAUD in Pucuk Subdistrict. The method used in this research is descriptive qualitative. The research was conducted in 5 institutions such as TK Irsyadul Ibad 1 Gempolpading, TK Putra Buana Wanar, TK ABA Kesambi, TK Dharma Wanita Waru wetan and TK Irsyadul Ibad II Gempolmadu-Gempolpading. The subjects of this study were teachers, principals and learners. The implementation data of the learning model of BCCT (Beyond Center and Circle Time), collected through direct observation, interview and documentation. Data analysis technique used is Miles And Hubberman model analysis. The result of the analysis shows that the implementation of learning model of BCCT (Beyond Center and Circle Time) in PAUD in Pucuk sub-district, 4 schools is in accordance with the guidelines of the implementation of BCCT learning model, and there is still one school that is not ready to implement this learning model. This can be seen from the learning activities, readiness of educators and readiness of the central equipment and facilities and infrastructure. The supporting factor is the suggestion or instruction from the UPTD and the support of foundations, committees, principals and parents in each institution, and the presence of adequate infrastructure. The inhibiting factors for the implementation of BCCT model in PAUD in Pucuk sub-district are 1) lack of school facilities and infrastructure, 2) lack of central equipment used for smooth learning, 3) lack of qualified teachers of early childhood and 3) lack of knowledge of educators about BCCT learning model. Keywords: Early Childhood, Learning Model, BCCT (Beyond Center and Circle Time),

Detail Jurnal