Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 79 Bangkalan.
    Penulis : Zety Mustafiana
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, M.Psi, P.si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B. Penelitian ini hanya memfokuskan pada metode pembelajaran eksperimen yang digunakan untuk menstimulus kemampuan sains anak topik benda tenggelam dan terapung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Preeksperimental Desain (nondesigns) jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 79 Bangkalan sebanyak 18 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 17 maka 0 < 40 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan Terdapat Pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran terhadap kemampuan sains anak. Kata Kunci : Metode eksperimen, Kemampuan sains, Anak kelompok B

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to determine the effect of experimental learning methods on the science skills of children group B. This study focuses only on experimental learning methods used to stimulate the ability of children's science of submerged and floating object topics. This research uses quantitative approach using experimental method with Pre-experimental design (nondesigns) type design one-group pre-test post-test. The subject of this research is a group B in Kemala Bhayangkari 79 Bangkalan as many as 18 children. Data collection techniques through observation and documentation. Using the Wilcoxon marked test data analysis. The result of data analysis obtained by Thitung value is 0 and Ttable 17 value then 0 <40 and Ha accepted. The analysis of the data shows that there is a significant influence between learning methods on children's science skills. Keywords: Experimental Method, Science Skills, Children Group B

Detail Jurnal