Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bermain Peran Tehadap Percaya Diri Anak Kelompok A Di TK Tarbiyatus Shibyan Kamal Bangkalan Madura
    Penulis : Novallia Wanda Qurrota ‘Akyun
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi, M. Psi
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M. Psi.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap percaya diri anak kelompok A. Metode bermain peran adalah kegiatan yang berfokus pada kegiatan dramatisasi, tempat anak-anak bermain untuk memerankan tugas-tugas anggota keluarga, tata cara dan kebiasaan dalam keluarga. Metode bermain peran terbagi menjadi dua jenis yaitu metode bermain peran mikro dan metode bermain peran makro, namun penelitian ini hanya memfokukan pada metode bermain peran makro yang digunakan untuk menstimulus percaya diri anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design (nondesigns) jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A di TK Tarbiyatus Shibyan Kamal Bangkalan Madura yang terdiri dari 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 30 maka 0 < 30 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran makro terhadap percaya diri anak. Kata Kunci : Metode bermain peran, Percaya diri anak, Anak kelompok A.

    Abstraction

    This study is aim to know the influence of role play method for children’s confident in A group. Role play method is activity that focus in dramatize, a media for children to do their family’s duties, manner and custom as a family member. Their use house and kitchen set in their environment. Role play method is divided into two groups; Micro and Macro. The limitation of this study is only Macro focus on children’s stimulate. This study uses Quantitative method and pre-experimental design (nondesigns) in one-grop pre-test post-test. Subject of this study is A group of TK Tarbiyatus shibyan that consist of 16 students Kamal Bangkalan Madura. The method to collect the data is observation and documentation which uses Wilcoxon analysis. The results of this study are Tcount is 0 and value of Ttabel 30 so that 0<30 Ha acceptance. It is present the significant influence in Macro role play method for children’s confident. Keywords : Role play method, Children’s confident, A group of TK Tarbiyatus Shibyan.

Detail Jurnal