Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun di TKM NU 125 AL MUNIROH 4.
    Penulis : Nina Indriyana Lahay
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap kepercayaan diri anak usia dini usia 4-5 tahun di TKM NU 125 AL MUNIROH 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-experimental Design jenis one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 4-5 tahun di TKM NU 125 AL MUNIROH 4 sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistik nonparametrik. Berupa uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan data berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 8 anak tergolong belum berkembang, dan 7 anak tergolong mulai berkembang. Sedangkan pada saat posttest terdapat 8 anak tergolong berkembang sesuai harapan, dan 7 anak tergolong berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai T hitung yaitu 0 dan nilai T tabel 25 maka (0<25), maka Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di TKM NU 125 AL MUNIROH 4.

    Abstraction

    This research has the purposes to know Influence Assignment Methods on Self-Confidence of Early Childhood Aged 4-5 Years in TKM NU 125 AL-MUNIROH 4. This research uses the quantitative approach with experiment method and also uses pre-experimental design with one group pretest posttest. The subjects of this research is 15 children aged 4-5 years at TKM NU 125 AL-MUNIROH 4. The writer uses the participant observation and documentation as a data collection method, such as, activity images and daily learning planning. The writer uses nonparametric data analysis techniques. It is the test which has marked Wilcoxon with pretest and posttest. The results of this study research is obtained the data of pretest having there 8 children in non-developing categories, and 7 children in developing categories. While, the data of posttest evidences that 8 children in developing categories as expected and 7 children in developing categories as good. According to the result of data calculation, this research uses the test which has marked Wilcoxon. It can be known that the value of T count is 0 and the value T table is 25, this the result is (0<25), this Ha is received. The data analysis shows that there is the significant impact between the method of assigning the self confidence of children aged 4-5 years at TKM NU AL-MUNIROH 4.

Detail Jurnal