Detail Karya Ilmiah

  • Perbandingan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Pada Kegiatan Senam Yang Menggunakan Dan Tidak menggunakan Irama Di RA Ulil Albab Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Ani Marlia
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa', M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M. Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan motorik kasar anak kelompok B pada kegiatan senam yang menggunakan dan tidak menggunakan irama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode komparatif. Subjek penelitian ini 30 anak, dengan jumlah murid laki-laki 15 dan murid perempuan 15. Populasi dari penelitian ini seluruh murid RA Ulil Albab Kamal. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametris. Hasil hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 19.0 diperoleh nilai signifikansi uji dua arah sebesar 0,00, karena signifikansi < 0,05 maka Ho Diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan keterampilan motorik kasar anak kelompok B yang menggunakan dan tidak menggunakan irama. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Senam Irama

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this study is to compare applying music through gross motor skill towards kid’s Class B Kindergarten on gymnastic. This study using comparative quantitative approach with 30 kids; 15 boys and 15 girls as the research subject. It takes from the population of Ulil Albab Kindergarten students using purposive sampling considers criteria towards their development. Observation and documentation technique are applied as data interpretation. Therefore, the instrument of study utilizes observation sheet from the kid’s gymnastics at school. The data analysis uses statistic non-parametric. Wilcoxon test is used in this study as the hypothesis result. Ensue from the computation SPSS 19.0 is as two directions significant 0, 00. According to this significant < 0,05 thus Ho is confirmed. This shows there is no difference of gross motor towards Class B kids in using music on gymnastics. Keywords: Kindergarten, gross motor and gymnastics.

Detail Jurnal