Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN KELEKATAN TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL 08 KAMAL KABUPATEN BANGKALANPenulis : Lilik MaslichahDosen Pembimbing I : M. Busyro Karim., S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar S.Pd., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelekatan dengan percaya diri anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 08 kamal Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis assosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kelekatan anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 08 Kamal yaitu rata-rata pola terjamin sebesar 2,40, pola menolak 1,63, pola menghindar 1,66 dan pola tidak berorientasi 1,66. Hasil penelitian percaya diri yaitu rata-rata aspek kemampuan diri 2,71, tanggung jawab 2,66, dan sikap tanpa ragu-ragu 2,6. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai korelasi r = -0,544 yang artinya tidak terdapat hubungan antara kelekatan dengan percaya diri. Nilai koefisien determinan yaitu sebesar 30% yang artinya kelekatan dengan percaya diri memiliki hubungan yang cukup kuat. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kelekatan, Percaya Diri
AbstractionThe purpose of this study was to determine the correlation attachment with confident children aged 4-5 years. This research was conducted in kindergarten Aisyiyah Bustanul Atfal 08 kamal Kabupaten Bangkalan. This research method using quantitative method of associative type. Data collection techniques use observation, interview and documentation. The result of the study in kindergarten Aisyiyah Bustanul Atfal 08 kamal Kabupaten Bangkalan secure attachment is 2.40, resistant atachment is 1.63, avoidant attachment is 1.66 and disoriented attachment 1.66. The results of self-confidence are the average self-ability is 2.71, responsibility is 2.66, and attitude without hesitation is 2.6. Based on hypothesis test results obtained correlation value r = -0.544 which means there is a relationship between attachment with confidence. The value of the determinant coefficient is 30% which means the attachment with confidence has a low relationship. Keywords: Early Childhood, Attachment, Confident