Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HIDAYAH KAMAL
    Penulis : MARINI
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, M. Psi., Psi.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag, M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif dan teknik korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Kamal sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Uji Prasyarat Analisis meliputi: uji normalitas dan uji linieritas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa statistik non parametrik yaitu koefisien kontingensi (Chi Kuadrat). Hasil analisis data diperoleh nilai sebesar 3507, 036 dan sebesar 16, 919. Maka dapat disimpulkan bahwa , sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pada tingkat pendidikan orang tua terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun. Dilanjutkan dengan koefisien kontingensi yang mendapatkan hasil sebesar 99% dan berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Kamal. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Mengenal Konsep Bilangan, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    This research aims to know the relationship of parent education level toward ability to identify the concept of numbers for children 5-6 years old in Nurul Hidayah Kindergarten Tanjung Jati Kamal. This research uses quantitative research associative method and correlational technique. The subjects of this research are children 5-6 years old in TK Nurul Hidayah Kamal as many as 20 children. The technique of collecting data uses participants observation, interview, and documentation. Test prerequisite analysis includes: normality and linearity test. The technique analysis data of this research uses statistics non parametric i.e. coefficient contingency (Chi Kuadrat).The finding of this research are t are 3507, 036 and t table are16, 919. Then it is done with t count count > t , and Ho is rejected mean there is a significance relationship in parent education level toward ability to identify the concept of numbers for children 5-6 years old. The coefficient contingent is 99% and be highest category. The data analysis shows that there is a significance relationship among parent education level toward ability to identify the concept of numbers for children 5-6 years old in Nurul Hidayah Kindergarten Tanjung Jati Kamal. table Keywords: Parent Education Level, Identify the Concept of Numbers, Children 5-6 Years Old

Detail Jurnal