Detail Karya Ilmiah

  • HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN BERBAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 03 KAMAL
    Penulis : HOIRUS SAKINAH
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan orangtua terhadap kemampuan bekerjasama dan berbagi anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 03 Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI 03 Kamal pada kelompok B sejumlah 14 anak. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak dan orangtua. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji Prasyarat Analisis meliputi: uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Koefisen Kontingensi (Chi Kuadrat). Hasil penelitian menemukan bahwa Ada Hubungan Signifikan Antara Latar Belakang Pendidikan Orangtua dengan Kemampuan Bekerjasama dan Berbagi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PGRI 03 Kamal. Dilihat dari perhitungan Chi Kuadrat hitung lebih besar dari tabel (1398,19 > 16,919). Besarnya koefisien antara latar belakang pendidikan orangtua dengan kemampuan bekerjasama dan berbagi adalah 0,99. Sedangkan 0,01 dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya yaitu faktor guru, televisi, dan teman sebaya. Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan Orangtua, Bekerjasama dan Berbagi, Anak Usia Dini.

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this study is to know the background of parents education’s relationship toward sharing and cooperative competence of 5-6 years old child in TK PGRI 03 Kamal. This study is conducted in TK PGRI 03 Kamal on group B as much as 14 students. The subject of this study is children and parents. The method of data collection is documentation and interview. Test Prerequisite Analysis includes: test of normality and linearity. Data analysis technique that is used is Contingency Coefficient (Chi Square). The results of the study found that there is significant rrelationship between parents’ education background toward sharing and cooperative competence 5-6 year olds In TK PGRI 03 Kamal. Seen from Chi Square, calculation count is bigger than table (1398,19 < 16,919). The magnitude of coefficient between parents education’s background with sharing and cooperative competence is 0,99. Meanwhile, 0,01 influenced by other factors which are teacher, television, and friends. Keywords: Background of parents’ education, Sharing and cooperative, early childhood.

Detail Jurnal