Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH BERENANG TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SEJAHTERA 1 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : WIDYA SULISTIANI
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M. Psi, Psi.
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berenang terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Sejahtera 1 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan metode kuantitatif jenis assosiatif. Hasil penelitian berenang anak di TK Sejahtera 1 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan yaitu ratarata aspek masuk kolam renang sebesar 3,7 (berkembang sangat baik), aspek mengapung sebesar 3,49 (berkembang sangat baik), aspek gerakan tungkai sebesar 3,45 (berkembang sangat baik), keseimbangan dalam air sebesar 3,19 (berkembang sesuai harapan), aspek gerakan lengan sebesar 2,52 (berkembang sesuai harapan), aspek kontrol pernafasan sebesar 3,43 (berkembang sangat baik). Hasil penelitian keterampilan motorik kasar yaitu rata-rata aspek gerak lokomotor 3,82 (berkembang sangat baik) dan rata-rata gerak non lokomotor sebesar 3,73 (berkembang sangat baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai korelasi r = 8,29 yang berarti terdapat pengaruh berenang terhadap keterampilan motorik kasar. Nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 79,21%. Hal ini berarti berenang memiliki pengaruh kuat terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Sejahtera 1 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the effect of swimming on gross motor skills of children aged 5-6 years. This research was conducted at kindergarten Sejahtera 1 District Kamal Bangkalan District. This research method uses quantitative method of associative type. Result of research of child swimming at kindergarten Sejahtera 1 District Kamal of Bangkalan Regency is average of swimming pool entry aspect 3,7 (very good developing), floating aspect 3,49 (very good growth), aspect of limb movement 3,45 (very well developed), balance in water 3,19 (evolving as expected), movement aspect arm of 2.52 (evolving as expected), respiratory control aspect of 3.43 (very well developed). The result of gross motor skill study is mean of locomotors aspect 3,82 (developing very good) and average of non locomotors motion 3,73 (very well developed). Based on the calculation of hypothesis test obtained correlation value r = 8.29 which means there is influence of swim to gross motor skills. Value of determination coefficient obtained value equal to 79, 21%. This means swimming has a strong influence on gross motor skills of children aged 5-6 years in kindergarten Sejahtera 1 District Kamal Bangkalan District.

Detail Jurnal