Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN, CERITA, MENYANYI DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TARBIYATUS SHIBYAN PAKONG PAMEKASAN
    Penulis : SITI RUQAYYAH
    Dosen Pembimbing I : DEWI MAYANGSARI, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :TITIN FARIDATUN NISA', S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi metode pembelajaran bcm (bermain, cerita, menyanyi) dalam membina akhlak anak usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatus Shibyan Pakong Pamekasan. Metode penelitian yang dilakukan yang digunakan adalah kualitatif studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu anak dan guru kelompok B. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi, data reduction, data display, dan conslutions: drawing/verifiying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) yang dilakukan guru dalam membina akhlak anak di TK Tarniyatus Shibyan Pakong dilakukan dengan persiapan, baik persiapan pribadi maupun persiapan teknis. 2) Faktor pendukung penerapan metode BCM adalah media yang digunakan yaitu maket sholat, tata cara wudhu’, serta poster-poster tentang gerakan sholat, dan poster do’a-do’a, sedangkan faktor penghambatnya adalah dari sarana dan prasarana yaitu tempat untuk melakukan kegiatan praktek sholat masih belum ada, bahkan masih menggunakan ruang kelas kelompok bermain, tempat wudhu masih belum ada. Kemudian dari faktor lingkungan, misalnya masih ada anak yang berkata kasar karena bawaan dari rumah atau dari lingkungan bermainnya. Kata Kunci: Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Akhlak, Anak usia 5-6 Tahun

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the representation of implementation learning method PSS (play, story, sing) in construct child attitude at 5-6 years old in Tarbiyatus Shibyan kindergarten pakong Pamekasan. In this research is used descriptive qualitative study method. Technique of collecting the data in this research is observation, interview, and the last is documentation. Then, the technique of analyzing the data in this research is used three steps that is, data reduction, data display, and conclusion: drawing/ veryfiying. The result of this research is to show that: 1) Assembling of PSS (play, story, sing) learning method which is applied it need high focused and also need more preparation either own self preparation or technique preparation. Then, sing stage in this research as strengthening of comprehension to this study and also make this activity more fun. There some supporters element is PSS (play, story, sing) method for example, prayer mockup, practice of ritual ablution, prayer march poster and etc. Beside it, there are also some obstacles element in this activity that is, first medium and infrastructure is like, place for prayer practice, there is no place for this activities. Second is ritual ablution place, third is child bad surroundings. The child still used some bad words when they are communicated with their friends. Keyword: PSS (play, story, sing), Attitude, Children Aged 5-6 Years.

Detail Jurnal