Detail Karya Ilmiah

  • Agresi Fisik Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Se- Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madura.
    Penulis : Srimurti
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Perilaku agresi adalah ungkapan perasaan marah atau tindakan kasar akibat kekecewaan atau kegagalan dalam pencapaian pemuasan atau tujuan yang dapat diarahkan kepada orang atau benda. Perilaku agresi dibedakan menjadi tiga yaitu agresi fisik, agresi verbal dan agresi pasif, namun penelitian ini hanya memfokuskan pada agresi secara fisik, yaitu perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti seseorang secara fisik seperti memukul dan menendang. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan bentuk dan penyebab agresi fisik pada anak usia 5-6 tahun. Subyek dalam penelitian ini yaitu anak TK B yang berusia 5-6 tahun di TK Pratiwi Desa Banyuajuh dan TK Nurul Hidayah Desa Tajungan, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan Madura. Subyek terdiri dari dua anak satu berjenis kelamin laki-laki dan satu lagi berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan prosedur analisis data Miles dan Huberman. Hasil analisis data menjelaskan bahwa bentuk agresi fisik yang paling dominan pada kedua subyek adalah menahan orang lain secara fisik sedangkan penyebab agresi fisik yang paling dominan pada kedua subyek adalah dominannya tujuan yang menguntungkan dirinya sendiri. Kunci : Perilaku Agresi, Agresi Fisik, dan Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    This study aims to describe the physical aggression of children aged 5-6 years, forms and causal factors about the behavior of aggression physically. The reason of this research is done because the school has not found the best way to reduce aggression behavior, causing some parties feel disadvantages such as parents/guardians, teachers, and friends of the children at school. Children feel less secure at school for fear of being targeted by the aggression. Subjects in this study are children of Kindergarten B aged 5-6 years in Pratiwi Kindergarten of Banyuajuh Village and Nurul Hidayah Kindergarten of Tajungan Village, Kamal Sub District, Bangkalan Regency Madura. The subjects consist of two children, one male and one female. This study uses qualitative approach with descriptive method. Technique of collecting data uses observation, interview, and documentation techniques. This study uses data analysis procedures of Miles and Huberman. The results of the data analysis explain that the most dominant form of physical aggression on both subjects is to hold others physically while the most dominant cause of physical aggression on both subjects is the dominance of the goals that benefit themselves. Keywords: Aggression Behavior, Physical Aggression, and Children Aged 5-6 Years.

Detail Jurnal