Detail Karya Ilmiah

  • Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Sekolah (Studi Kasus pada Anak Usia Dini yang Ditinggal Orang Tua Bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI)).
    Penulis : ANA LISTIANA LUTHFIYAH
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh S.Psi., MA.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di sekolah dan faktor-faktor yang memengaruhi kemandirian anak yang ditinggal oleh orang tua yang bekerja di luar negeri (TKI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemandirian anak usia 5-6 tahun di sekolah terdiri dari percaya diri, pandai bergaul, saling berbagi, mengendalikan emosi, kemampuan fisik, tanggung jawab, dan disiplin. Ditemukan perbedaan kemandirian pada anak yang ditinggal oleh ibu bekerja di luar negeri antara anak laki-laki dan perempuan. Anak laki-laki lebih mandiri, daripada anak perempuan. 2) Faktor-faktor yang mendorong terbentuknya kemandirian anak ditunjukkan pada faktor internal yaitu kondisi fisiologis. Pada faktor eksternal faktor yang memengaruhi yaitu pada pengalaman dalam kehidupan, lingkungan, dan pola asuh orang tua dalam keluarga. Ditemukan perbedaan faktor-faktor yang mendorong terbentuknya kemandirian antara anak laki-laki dan perempuan. Terlihat pada anak laki-laki faktor yang paling memengaruhi yaitu pengalaman dalam kehidupan dan pola asuh orang tua dalam keluarga. Sedangkan pada anak perempuan faktor yang paling memengaruhi yaitu pengalaman dalam kehidupan dan lingkungan. Kata Kunci: Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Kemandirian, Anak Usia Dini

    Abstraction

    ABSTRACT Research aims to independence of children aged 5-6 years in school and the factors that affect the independence of children left by parents who work (TKI). This research uses qualitative approach descriptive study method. Subjects in this study were children aged 5-6 years. The results of this study indicate that 1) the independence of children aged 5-6 tahun in school consists of confident, sociable, sharing, controlling emotions, physical abilities, responsibilities, and discipline. Found differences in the independence of children left by working mother abroad between boys and girls. Boys are more independent, than girls. 2) factors that encourage the formation of child self-reliance is shown in the internal factors of physiological conditions. On the external factors that affect the factors that are on experience in the life, environment, and parenting patterns in the family. Found differences in factors that encourage the esttablishment of independence between boys and girls. Seen in boys the most influencing in the life and parenting patterns of the parents in the family whereas in girls the most influencing factors are experience in life and environment. Kata Kunci: Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Independence, Early Childhood

Detail Jurnal