Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Status Sosial Ekonomi Orangtua dengan Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal Pangkahwetan Gresik.
    Penulis : Eva Rohmania Fajar
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, M.A.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dengan perilaku disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5-6 tahun di sekolah TK Aisyiah Bustanul Athfal Pangkahwetan Gresik. Sampel yang digunakan yakni seluruh anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 60 anak. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi pearson product moment dengan taraf signifikan 0.05 atau 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan perilaku disiplin anak 5-6 tahun. Hal ini diketahui dari hasil analisis data korelasi product moment diperoleh hasil korelasi rhitung sebesar 3.83, dan rtabel sebesar 2.002 sehingga rhitung > rtabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orangtua terdapat hubungan dengan perilaku disiplin anak TK Aisyiah Bustanul Athfal Ujungpangkah Gresik. Besarnya hubungan status sosial ekonomi orangtua dengan perilaku disiplin anak 5-6 tahun yakni 0.43%. Kata kunci : Status sosial ekonomi, Perilaku disiplin, Anak usia 5-6 tahun.

    Abstraction

    This study aims to determine whether there is a significant relationship between the socioeconomic status of parents with discipline behavior of children aged 5-6 years in kindergarten Aisyiah Bustanul Athfal. This research was conducted on children aged 5-6 years in school kindergarten Aisyiah Bustanul Athfal Pangkahwetan Gresik. The sample used is all children aged 5-6 years with the number of 60 children. Technique of taking data using observation and documentation. The data obtained were analyzed using correlation analysis of pearson product moment with significant level of 0.05 or 5%. The results showed that there was a relationship between the socioeconomic status of parents with the discipline behavior of children 5-6 years. It is known from the analysis of product moment correlation data obtained correlation rhitung result of 3.83, and rtabel of 2.002 so that rhitung> rtabel so Ha accepted and Ho rejected. it was concluded that the socio-economic status of parents is related to the discipline behavior of kindergarten children Aisyiah Bustanul Athfal Ujungpangkah Gresik. The magnitude of the relationship of socioeconomic status of parents with discipline behavior of children 5-6 years ie 0.43%. Keywords: Socioeconomic status, Discipline behavior, Children aged 5-6 years

Detail Jurnal