Detail Karya Ilmiah

  • Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Sekolah
    Penulis : Inmas Toharoh Hidayah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.A.
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa' S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Kepercayaan diri merupakan suatu sikap mental yang harus dimiliki setiap anak. Namun tidak semua anak memiliki sikap mental tersebut, terlebih anak obesitas dengan segala keterbatasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anak obesitas di sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri anak obesitas dalam aktivitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Anak obesitas usia 5-6 tahun memiliki kepercayaan diri yang cukup baik, namun kepercayaan diri anak belum berkembang secara maksimal dalam proses pembelajaran dan masih membutuhkan bantuan guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal tersebut diperoleh dari pemaparan hasil penelitian yang menyatakan bahwa anak obesitas rendah dan sedang masih membutuhkan bantuan guru dalam mengerjakan tugas, sedangkan anak obesitas berat masih membutuhkan bantuan dari guru ketika melakukan kegiatan dalam kelompok besar. 2) Faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri anak obesitas dalam aktivitas pembelajaran di sekolah yaitu faktor pengalaman mengecewakan dan pola pendidikan keluarga. Setiap anak obesitas mempunyai pengalaman mengecewakan berupa ejekan atas bentuk fisiknya dari lingkungan sekitarnya, sehingga anak merasa malu dan minder. Sedangkan faktor pendidikan keluarga mempengaruhi respon dari ejekan yang telah diberikan oleh lingkungan sekitar anak. Anak obesitas dengan pendidikan keluarga demokratis tidak membalas ketika menerima ejekan. Berbeda dengan pendidikan keluarga demokratis, anak obesitas dengan pendidikan keluarga otoriter akan membalas ejekan yang diberikan kepadanya. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Obesitas, Anak Usia Dini

    Abstraction

    Self confidence is a mental attitude that must be have every child. However, not all children have the mental attitude, besides the child who has obesity with the limitation character. This study aims to know about the self confidence of the obesity children in learning activity in the school. This study was a qualitative approach and descriptive method. Moreover, this study applies on interview and observation in technique of collecting the data. The result of this study shows that the obesity of children in 5-6 years old have confidence which is good enough. However, the self confidence of children does not develop in maximal in learning process, and they need the teacher’s aid in learning activities at the school. It is acquired from the explanation of the result study that said the children obesity in low and average capasities still need the teacher’s aid in doing an assignment, while serious children obesity also need the teacher’s aid when they are doing activity in the big gropup. The factor that influence the self confidence of children obesity in learning activities in the school are experience factor that is disapoint and the family’s education. Every children obesity have some disappoint experiences, such as physical ironi from environment. It makes them ashamed. Whereas the education factor of family influences the respond of irony which is given by environment around the child. Usually through democratic education from family, the childen obesity will not respond when they accept the irony. On the other hand, the children obesity with authoritative education, they will respond by irony. Keywords : Self Confidence, Obesity, Child in Early Age

Detail Jurnal