Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU EMPATI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-MUTTAQIN BANDUNGSARI SUKODADI LAMONGAN
    Penulis : Ruviyatun
    Dosen Pembimbing I : M.Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, M. Psi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku empati anak usia 4-5 tahun di TK Al-Muttaqin Bandungsari Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design jenis onegroup pre-tes dan posttest yang terdiri dari pretest-treatment-posttest. Subjek penelitian merupakan anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Al-Muttaqin Bandungsari Sukodadi Lamongan yang berjumlah 13 anak. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Skor perilaku empati anak pada saat pretest tercatat sebesar 0,9778 > 0,234 dan skor pada saat posttest sebesar 0,9015> 0,234. Jadi ditolak dan data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh nilai yaitu 0 lebih kecil dari nilai yakni 17. Sehingga hasil pengambilan keputusannya yaitu (Hipotesis nihil) ditolak dan (Hipotesis alternatif) diterima, karena < (0 < 17). Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bercerita terhadap perilaku empati anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : Metode Bercerita, Empati, Anak usia 4-5 tahun.

    Abstraction

    This study was aimed to recognize the effect of storytelling method toward empathy behavior of children aged 4-5 years an Al-Muttaqin kindergarten Bandungsari Sukodadi Lamongan. This research used quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research type one-group pre-test and posttest which consisted of pretest-treatment-posttest. Research subjects are 13 children between 4-5 years old of group A at Al-Muttaqin kindergarten Bandungsari Sukodadi Lamongan. The data collection technique through nonparticipant observation and documentation. The empathy behavior score of the child at pretest was recorded equal to Lcalculation 0.9778> Ltable 0.234 and score at posttest time equal to Lcalculation 0.9015> Ltable 0.234. So Ha is rejected and the data is not normally distributed. The result of calculation by using Wilcoxon marked level test was obtained value Lcalculation is 0 smaller than Ltable that is 17. So, the result of decision making of H0 (null hypothesis) was rejected and Ha (Alternatife hypothesis) was accepted because Lcalculation < Ltable (0 <17). Based on the data analysis, it indicated that there is a significant influence between the use of storytelling method to empathy behavior of children in the age of 4-5 years. Keywords: Storytelling Method, Empathy, Children aged 4-5 years.

Detail Jurnal