Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA TERHADAP KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU AT-TAQWA DESA KALANGANYAR KARANGGENENG LAMONGAN
    Penulis : Dwi Lestari
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA.
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap keaksaraan anak kelompok B. Metode pembelajaran adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang telah diberikan oleh pendidik, adapun dalam pendidikan anak usia dini metode pembelajaran yang dapat diterapkan ada 8 metode pembelajaran namun penelitian ini hanya memfokukan pada metode pembelajaran karyawisata yang digunakan untuk menstimulus keaksaraan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain (nondesigns) jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK Muslimat NU At-Taqwa Desa Kalanganyar Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 17 maka 0 < 17 dan Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan Terdapat Pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran karyawisata terhadap keaksaraan anak. Kata Kunci : Metode Karyawisata, Keaksaraan, Anak Usia 5-6 tahun.

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine the effect of learning method of field trip to literacy of children group B. Learning method is one way done by educators to facilitate learners in understanding the material that has been given by educators, as in early childhood education methods that can be applied There are 8 methods of learning but this study only focuses on the method of learning field trips that is used to stimulate child literacy. This study uses quantitative approach using experimental method with Pre-experimental design (nondesigns) type design one-group pre-test post-test. The subject of this study is a children of group B at TK Muslimat NU At-Taqwa in Kalanganyar, Karanggeneng Lamongan which is the children as many as 13 children. Techniques of collecting data are observation and documentation. This study uses the Wilcoxon marked test data analysis. The result of data analysis was obtained by value of Tcount is 0 and value of Ttable17 then 0 <17 and Ha is accepted. The analysis of the data indicates that there is a significant influence between the learning method of field trips on child literacy. Keywords: Field Trip Method, Literacy, Children of 5-6 years.

Detail Jurnal