Detail Karya Ilmiah

  • KINERJA GURU PAUD DENGAN PERAN GANDA
    Penulis : Risky Amalia
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh S.Psi., MA
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru PAUD dengan peran ganda di sekolah TK X Kabupaten Sumenep. Penilaian kinerja guru meliputi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Namun, penilaian kinerja yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan beberapa aspek dari kompetensi kepribadian. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu tiga orang guru yang membawa anak ke sekolah atau berperan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang berperan ganda mampu menunjukkan sikap menghargai murid, tegas, toleran, bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, dapat diteladani murid, teman sejawat, masyarakat, etos kerja, sikap profesional mandiri dan kolaboratif, dan menerapkan kode etik. Namun, guru yang berperan ganda belum maksimal dalam memanage waktu atau disiplin waktu dan kurang bertanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran. Kata kunci :Kinerja, Peran Ganda, Guru PAUD

    Abstraction

    This study aims to determine the performance of early childhood teachers with dual roles in TK X Kabupaten Sumenep. The teacher performance assessment includes four competence is pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence. However, judging the performance used in this study uses some aspects of personality competence. The method used is qualitative descriptive. Subjects in this study are three teachers who bring children to school or double role. The results show thath teachers who play a dual role are able to demonstrate students’ respectful, tolerant, responsible attitude in the execution and evaluation of learning, can be followed by students, peers, community, high work ethic, independent and collaborative professional attitude, and apply the code of ethics. However, teachers who play a double role are not maximized in managing time or time discipline and less responsibility in learning planning. Keyword:Performance, Dual Role, Early Childhood Teachers

Detail Jurnal