Detail Karya Ilmiah
-
PERAN GURU DALAM PENERAPAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TK YKK 1 BANGKALANPenulis : Mega Wulan SariDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam penerapan program sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan. Deskripsi tersebut terkait dengan peranan guru dalam pembelajaran dan penerapan program sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam penerapan sekolah ramah anak diantaranya sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator. Penerapan sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan antara lain tidak melakukan diskriminasi, melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan aman, melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta memberikan fasilitas yang baik untuk anak. Kata Kunci : Peran Guru, Program Sekolah Ramah Anak
AbstractionABSTRACT This study aims to describe the role of teachers in implementing child-friendly school programs in TK YKK 1 Bangkalan. The description is related to the teacher's role in learning and implementing child-friendly school programs. This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. Checking the validity of the data uses triangulation of sources and techniques. The results of this study indicate that the teacher's role in implementing child-friendly schools includes facilitators, mentors, and motivators. The application of child-friendly schools in TK YKK 1 Bangkalan include non-discrimination, fun and safe learning, actively involving children in learning activities, and providing good facilities for children. Keywords: Role of Teachers, Child Friendly School Programs