Detail Karya Ilmiah

  • Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bercerita Legenda Joko Tole Di TK PGRI Banyuajuh kamal
    Penulis : Nihayati Agustin
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’, S.Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Membaca permulaan adalah kegiatan membaca anak usia dini yang mencakup mengenal simbol huruf, mengenal suku kata, membunyikan huruf, menghubungkan bunyi huruf yang dirangkai menjadi sebuah kata dan menarik kesimpulan dari kata yang dirangkai menjadi sebuah kalimat. Dalam mengajarkan membaca permulaan ada beberapa metode yang bisa digunakan, salah satunya adalah metode bercerita. Namun di TK PGRI Banyuajuh Kamal dalam mengajar membaca permulaan biasanya diterapkan metode klasikal dimana guru hanya menuliskan dan membaca kata sehingga ada beberapa anak yang masih tertinggal dalam membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK PGRI Banyuajuh kamal melalui bercerita legenda Joko Tole. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian terdiri dari 3 anak, satu berjenis kelamin laki-laki dan dua perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil analisis data menjelaskan bahwa dari ketiga subyek dengan menerapkan metode bercerita kemampuan 2 subyek berkembang dalam mengenal simbol-simbol huruf yang ada disekitar anak, dan 1 anak lainnya masih membutuhkan bantuan guru, kemampuan anak juga berkembang dalam mengeja dua huruf yang digabung menjadi suku kata, dan dalam memahami kata sederhana, harus diulang beberapa kali agar anak mengerti. Namun dalam hal menyebutkan huruf awal dalam sebuah kata atau gambar, anak harus dibantu guru dengan cara menulis huruf yang disebutkan. Kunci : membaca permulaan, metode bercerita, anak usia dini

    Abstraction

    Read the beginning is activities read child age Early that includes know symbol letters, get to know tribe said, rang letters, connect sound letters strung to be a said and interesting conclusion from words strung together to be a sentence. In teach read the beginning there is some methods that can used, wrong the other is method tell stories. But at PGRI Banyuajuh kindergarten Kamal in teach read the beginning usually applied method classical where is the teacher only write and read said so that there is some child who is still left behind in read the beginning. Aim research this is for look How ability read the beginning child group B at PGRI Banyuajuh Kindergarten kamal through tell stories legend Joko Tole. Technique sampling using purposive sampling with subject research consists of from 3 children, one manifold sex man and two woman. Research this use method research qualitative with approach descriptive. Technique data collection used that is use technique observation, interview and documentation. Results data analysis explains that from third subject with apply method tell stories ability 2 subjects developing in know symbols existing letter around children, and one child others still need teacher assistance, ability child too developing in spell two letters merged to be tribe said, and in understand said simple, must be repeated several times for children understand. But in thing mention alphabet early in a said or picture, child must assisted by the teacher way write the letter stated. Key : read beginning, method storytelling, child age early

Detail Jurnal