Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Penanaman Nilai Agama untuk Membentuk Persepsi Orang Tua Di RA Darul Ulum Desa Bogobabadan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan
    Penulis : Endang Ratnasari
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa', M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd
    Abstraksi

    Penanaman nilai agama merupakan salah satu pembelajaran yang lebih mendominasi di RA (Raudhatul Athfal) Darul Ulum. Penanaman nilai agama tersebut meliputi pembelajaran tentang Al Qur’an Hadits dan Pendidikan Agama Islam. Dari pengamatan orang tua terhadap penanaman nilai agama dapat menjadi daya tarik untuk membentuk suatu persepsi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, aktivitas, hasil, dan persepsi orang tua dari penanaman nilai agama di kelompok A1 dan A2 RA Darul Ulum untuk membentuk persepsi orang tua. Sampel penelitian ini berjumlah 33 orang tua. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumetasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan rumus uji t pihak kanan. Hasil analisis data penanaman nilai agama dapat diketahui bahwa diperoleh persentase pelaksanaan penanaman nilai agama sebesar 96%, persentase aktivitas penanaman nilai agama sebesar 75%, persentase hasil penanaman nilai agama sebesar 68%, dan persentase respon orang tua untuk membentuk persepsi sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai agama di RA Darul Ulum sangat efektif untuk membentuk persepsi orang tua. Kata Kunci: Penanaman nilai agama, persepsi orang tua, pendidikan anak usia dini

    Abstraction

    Applying religion value is one of the more dominating learning in RA (Raudhatul Athfal) Darul Ulum. The applying of religion values include learning of Qur'an and Al Hadith also Islamic Education. Based on the parent’s observations, the applying religion values can be the interest point to form parent’sperception. This study aimmed to investigate the implementation, activities, results, and the parent’s perception of applying religious values in groups A1 and A2 RA Darul Ulum to form the parent’s perception. The research sample of this study are 33 parents. The writer uses quantitative approach. The techniques of data collection are questionnaires, observations, interviews, and documentations. This study uses data analysis techniques of statistics descriptive and hypothesis test by using t test of right side. The results of the data analysis of applying religion value can be known that the percentage of applying religion values is 96%, the activity percentage of applying religion values is 75%, the result percentage of applying religion values is 68%, and the perception percentage of applying religion values is 82%. Based on the percentage results can be inferred that applying religion value in RA Darul Ulum is very effective to form parent’s perception. Keywords: Planting of religious values, perception of parents, early childhood education

Detail Jurnal