Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENDA BERDASARKAN BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL UMMAH DEKETAGUNG SUGIO LAMONGAN
    Penulis : Lailatun Niā€™matul Azizzah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari, M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan klasifikasi benda berdasarkan bentuk geometri pada kelompok A di RA Hidayatul Ummah Deketagung Sugio Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain penelitian Pre-eksperimental jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A di RA Hidayatul Ummah Deketagung Sugio Lamongan sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan, media cerita dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung yaitu 7,14 dan nilai ttabel sebesar 2,056 maka thitung > ttabel ?ttabel>thitung (7,14 > 2,056) dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran bercerita terhadap kemampuan klasifikasi anak khususnya bentuk geometri.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the effect of story telling method on the ability of object classification based on geometric shape In Group A RA Hidayatul Ummah Deketagung Sugio Lamongan. This research uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research type one-group pre-test posttest. The subject of this study is group A children in RA Hidayatul Ummah Deketagung Sugio Lamongan as many as 14 children. Technique of collecting data through non participant observation and documentation in the form of photos of activity, story media and plan of daily learning implementation. Data processing uses t-test data analysis. The result of data analysis obtained the value of t count that is 7,14 and the value of t table to 2,056. So, t count > t table (7,14> 2,056) and Ha is accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between the method of learning to tell the story of the ability of the classification of children, especially the form of geometry.

Detail Jurnal