Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B di RA Bakti Telang
    Penulis : Eri Erviana
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana M.Psi., M.A
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani M.Psi, Psi.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode proyek terhadap kemandirian anak kelompok B di RA Bakti Telang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental, jenis One-Group Pre-test Post-test. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak kelompok B di RA Bakti Telang, dengan jumlah siswa 20 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan menggunakan uji t (T-test). Hasil analisis data diperoleh nilai r sebesar 0,96, t_tabel > t_hitung yaitu -1,60 > -5,69, maka Ha diterima pada taraf signifikansi 5%. Sehingga berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode proyek terhadap kemandirian anak kelompok B di RA Bakti Telang. Kata kunci : Metode Proyek, Kemandirian, Pendidikan Anak Usia Dini

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study is to reveal the influence of Project Method Toward Independence of Early Childhood at RA Bakti Telang. This research uses quantitative approach by using experiment method; the reseach design uses Pre-Experimental, wich includes pre-test and post-test. Subject of this reseach is a student of Bakti Telang kindergarten, about 20 student around 5-6 years. Data collecting technique through the observasion and documentation by using t data experiment analysis (T-Test). The resul of data analysis is acquired value r =0,96, t_tabel = -1,60 and t_hitung = -5,69, thus Ha is accepted on standard significance 5%. The conclution is there a significance between project method toward Independence of Early Childhood at RA Bakti Telang. Key word : Project Method, Independence, Early Childhood Education.

Detail Jurnal