Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Resitasi Bermedia Papan Flanel Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Kartini Perumnas Kamal
    Penulis : Vella Mardhotillah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi. M.A
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode resitasi bermedia papan flannel terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Kartini Perumnas Kamal. Membaca permulaan merupakan kemampuan membaca anak yang dimulai dari tahap awal. Membaca permulaan yang diteliti yaitu dengan metode resitasi bermedia papan flanel untuk merangsang anak dalam kemampuan tahap membaca awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pretest posttest. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B TK Kartini Perumnas Kamal sebanyak 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 14 maka 0 < 14 sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode resitasi bermedia papan flannel terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Kartini Perumnas Kamal. Kata Kunci : Metode resitasi, papan flanel, membaca permulaan.

    Abstraction

    Vella Mardhotillah. 2017. The Influence of flanel board based resitasion methods on the early reading ability Group B TK Kartini Perumnas Kamal. SKRIPSI, The major of Education Studies Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Education Science Fakulty of Trunojoyo Madura University. Advisor: Titin Faridatun Nisa ', S.Pd, M.Pd., and Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi. M.A ABSTRACT The purpose of this research is to know the influence of macro role playing method to the symbolic thinking ability of children of TK Seruni Perumnas Kamal Group B. Reading inception is the reading skill of student early stage. Reading iception that uses the resitasion method through flanelboard stimulates the student’s skill in early stage. This study uses quantitative approach through experiment with the research design pre experimental design as kind of one group pretest posttest. The subjects of this study are twelve B grade student of TK Kartini Perumnas Kamal. Technique of data collection are observation and documentasion. Technique of data analysis uses Wilcoxon test. The result of this study shows that the grade of Thitung is 0 and grade of Ttabel is 14. Thus, its become 0<14 that makes Ha is received. Based on the data analysis, it shows that there is a significance influence between resitasion through flanelboard toward inception reading skill of student B TK Kartini Perumnas Kamal.

Detail Jurnal