Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia-5-6 Tahun Di TK Islam Al-Khalifa Dsn. Ngepung, Desa Solorejo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang
    Penulis : Lailina Farikha
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra peran terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Islam AlKhalifa Dsn. Ngepung, Desa Solorejo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental desain (nondesigns) jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Khalifa Jombang sebanyak 17 anak yang mewakili dari keseluruhan jumlah penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis uji t (TTest). Hasil analisis data yang diperoleh nilai r =0,55 dan uji-t yang diperoleh nilai sebesar -0,88 dan 2,178. Maka lebih besar dibandingkan dengan (-2,178 > -0,88), jika - ix > H???? diterima pada taraf signifikasi 5% yang artinya ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran sentra peran terhadap kemampuan berbicara anak.

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the effect of learning models of role Centers on speech capabilities of child aged 5-6 years old at Al-Khalifa Islamic Kindergarten Ngepung backwoods, Solorejo Village, District Mojowarno, Jombang Regency. This research uses quantitative approach by using Experimental method with design pre-experimental research design(nondesigns) Type of one-grouppre-testpost-test.The subject of this study is a child aged 5-6 years old in Islamic Kindergarten Al-Khalifa Jombang as many as 17children’s which is representative from the whole number of research. Data collecting technique through the observation and documentation. By using t data experiment analysis (T-Test). The result of data analysis is obtained r = 0,55 and t-test obtained grade t-count Amount -0,88 and t-table 2,178. Then t-table is bigger than t-count(-2,178 > -0,88), if t-table > t-count H???? is accepted on standard of significanse 5% which means there is significant influence between learning model of role center to child's speaking ability. Key words: Role Centers, speaking ability, Early Childhood Education.

Detail Jurnal