Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI RA (ROUDHATUL ATHFAL) NURUL ULUM MOJOKERTOPenulis : BADI’ATUS SHOLIKHAHDosen Pembimbing I : Titin Fridatun Nisa’, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.PdAbstraksi
Badi’atus Sholikhah, 2018, Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B di RA Nurul Ulum Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing :Titin Faridatun Nisa’. S.Pd.,M.Pd. dan Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang di alami oleh siswa yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap perilaku prososial khususnya pada kemampuan kerjasama pada anak usia dini, yaitu dimana anak mampu bekerja dengan orang lain dan saling membantu membantu antar kelompok. Dalam hal ini metode berbasis permainan tradisional bakiak belum diterapkan di sekolah. Maka dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh permainan tradisional bakiak terhadap perilaku prososial kemampuan kerjasama anak kelompok B di RA Nurul Ulum Mojokerto. Perilaku prososial adalah perilaku yang mencerminkan kepedulian atau perhatian dari seorang anak keanak lainnya, misalnya dengan membantu, menghibur, atau hanya tersenyum pada anak lain.Sedangkan kerjasama adalah kemampuan bekerja bersama menyelesaikan suatu tugas dengan orang lain. Peneliti menggunakan metode penelitan kuantitatif dengan pendekatan eksperimental Desain jenisone grup, pretes, posttest. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di RA Nurul Ulum Mojokerto dengan jumlah 17 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data obsevasi partisipan dan dokumentasi berupa fotofoto kegiatan dan rencana pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistic non parametik, berupa uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan data berupa hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil penelitian di peroleh pada saat pretest yaitu 12 anak memiliki kriteria mulai berkembang (MB) dan 5 anak belum berkembang (BB), sedangkan hasil pada posttest yaitu 13 anak memiliki kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4 anak memiliki kriteria berkembang sangat baik (BSB). hasil perhitungan perhitungan data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang Wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai T hitung
AbstractionBadi'atus Sholikhah, 2018 , The Influence of Traditional Clown Games on he Prosocial Behavior of Group B Children in RA Nurul Ulum Mojokerto .Essay.Early Childhood Education Teacher Education Study Program.Faculty of Education, Trunojoyo Madura University.Advisor: Titin Faridatun Nisa '.S.Pd., M.Pd.and Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi. ABSTRACT This research is motivated by the problems experienced by students which aims to determine the influence of traditional games on prosocial behavior, especially on the ability of collaboration in early childhood, which is where children are able to work with others and help each other help between groups. In this case the traditional game method based on clogs has not been applied in schools. So in this study the researchers wanted to examine how the influence of traditional clogging games on the child prosocial behavior of group B n RA Nurul Ulum Mojokerto. Prosocial behavior is a behavior that reflects the care or attention of another child, for example by helping, entertaining, or just smiling at children other. While cooperation is the ability to work together to complete a task with others. Researchers used a quantitative research method with an experimental approach to type one group design, pretest, posttest. The subjects of this study were group B students in RA NurulUlumMojokerto with a total of 17 children. Researchers use participant observation data collection techniques and documentation in the form of photos of activities and daily earning plans. Researchers used non-parametric statistical data analysis techniques, in the orm of Wilcoxon level test with data in the form of pretest and posttest research results. The results obtained at the pretest were 12 children having criteria for developing (MB) and 5 underdeveloped children (BB), while the results on posttest were 13 children had criteria or developing according to expectations (BSH) and 4 children had criteria for developing very well ( BSB). the results of calculation of data calculation in this study using Wilcoxon level test, it can be seen that the value of Tcount