Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode bercerita terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 1 Banjarsari.
    Penulis : Gana Kartinika Hadi
    Dosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, M.Psi.
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesigns) jenis one-group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun TK Pertiwi 1 Banjarsari sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial parametris dengan menggunakan teknik analisis data uji t (T-Test). Hasil analisis data diperoleh nilai r = 0,99, ???? yaitu 2,450 > -12,53 maka ???? ix ???? ???????????????????? > ???? ? ???????????????????? diterima yang artinya ada pengaruh signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak. Kata kunci :Metode Bercerita, Kemampuan Mengungkapkan Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini

    Abstraction

    The purpose of this study is to reveal the influence of storytelling method toward the ability of revealed language the of Child Aged 5-6 Years Old at Pertiwi 1 Banjarsari. This research uses quantitative approach by using experiment method; the research design uses PreExperimental design (nondesign) which includes pre-test and pos-test. Subject of this research is a child aged 5-6 years old in Pertiwi 1 Banjarsari Kindergarten about 19 students. Data collecting technique through the observation and documentation. Data analysis technique the inferensial statistics by using t data experiment analysis (T-Test). The result of data analysis is acquired value r = 0,99, ???? wich are -2,450 > -12,53, thus ???? x ???? ???????????????????? is accepted wich means there is significanct influence between Sorytelling Method to child’s revealed language ability. Key words: Storytelling Method, ability of Revealed Language, Early Childhood Education.

Detail Jurnal