Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bermain Konstruktif Terhadap Kemampuan Berfikir Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun
    Penulis : Asmiatul Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S. Pd, M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M. Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain konstruktif terhadap kemampuan berfikir logis-matematis anak usia 5-6 tahun. Berfikir logis-matematis adalah suatu kemampuan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan logika. Kemampuan berfikir logis-matematis yang diteliti yaitu dengan metode bermain konstruktif untuk menstimulus bagaimana anak mampu dalam mengurutkan, mengelompokkan, membandingkan, mengetahui pola-pola absrak, serta memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental desain jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di Pos PAUD Mawar Dusun Brakas Desa Kepong Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh dari nilai T_(hitung )yaitu 0 dan nilai T_(tabel ) 35 maka 0 < 30 dan H_(a )diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan anatara pengaruh metode bermain konstruktif dengan berfikir logis-matematis anak pada usia 5-6 tahun. Kata kunci: berfikir logis-matematis, metode bermain konstruktif, anak usia dini

    Abstraction

    The purpose of the research is to find the influece of Constructive Playing Method to Logical-Mathematical Thinking Abilities in Children aged 5-6 years. Logical-Mathematical Thinking is an ability to solve a problem relates to logical thinking. Logical-Mathematical Thinking Abilities in this research uses playing constructive method to stimulate how children able to sort, agglomerate, compare, understand the abstract patterns, and solve the problem. This research uses qualitative approach by uses experiment method with research design of pre-eksperimental design in one-group pretest-posttest genre. The subject of research uses children aged 5-6 years in PAUD Mawar Dusun Brakas Desa Kepong, Blega, Bangkalan consists of 17 children. Technique of collecting data by the observation of participants and the documentation consists of activities photos and daily lesson plan. Data tabulation uses Wilcoxon analysis. The result of data analysis found from Tcount 0 and Ttable 35 means 0<30 and Ha accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influece between the influece of constructive playing method and logical-mathematical thinking in children aged 5-6 years. Key words: Logical-Mathematical Thinking, Constructive Playing Method, Early Chilhood

Detail Jurnal