Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Kelompok B TK Bahrul Ulum Deket Lamongan
    Penulis : Kholiyun Lutfiyah
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa' S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Dewi MayangSari, S.Psi., M.Psi
    Abstraksi

    Kholiyun Lutfiyah. 2019.Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Berseri Terhadap kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Bahrul Ulum Deket Lamongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing Titin Faridatun Nisa’, S.Pd.,M.Pd dan Dewi Mayangsari, M.Psi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita melalui media gambar berseri terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok B TK Bahrul Ulum Deket Lamongan. Metode bercerita melalui media gambar berseri ini digunakan untuk menstimulus aspek perkembangan bahasa dalam kemampuan mengungkapkan bahasa anak yakni berkomunikasi secara lisan dengan teman sebaya dan guru dikelas, melanjutkan cerita yang telah diperdengarkan dan memahami konsep-konsep buku cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-eksperimental Desain Jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak didik kelompok B di TK Bahrul Ulum Deket Lamongan yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan statistik parametric berupa uji-T (t-test), maka hasil dari analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 2,011 dan ttabel sebesar 2,021, pada taraf signifikan 5%. Besar koefisien korelasi (r) sebesar 0,74 dengan kategori kuat, sehingga diketahui besar pengaruh antara metode bercerita melalui media gambar berseri terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok B dengan nilai korelasi determinan (KP) sebesar 86%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita melalui media gambar berseri terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok B. Kata Kunci :Metode Bercerita, Media Gambar Berseri, Mengungkapkan Bahasa

    Abstraction

    Kholiyun Lutfiyah.2019. The Influence Sorytelling Method Through of Media Series Image for Expressing Language the Cability of Children Group B In kindergarden Bahrul Ulum Deket Lamongan. Thesis, Department of Teacher Education Early Childhood, Faculty of Education, University Trunojoyo. Supervisor Titin Faridatun Nisa ', S.Pd., M.Pd and Dewi Mayangsari, M.Psi ABSTRACT In this research has aim to determine the effect of storytelling through media from serial images of the child's cability to express language group B TK Bahrul Ulum Deket Lamongan. Storytellingare used to stimulate aspects of language development inchild's cability to express language in communicate of verbalwith peers and teachers in class, continued the story that has been played and make understaning the concepts of a storybook. This research uses a quantitative approach using experimental method with pre-experimental design of Design Type in One group pretest-posttest. In this research were students of group B in kindergarten Bahrul Ulum Deket Lamongan amountto 22 children. This research usedata collection techniques that areobservation and documentation. It uses data analysisstatistical parametric form of t-test (t-test), the results of the analysis of the data obtained t(hitung) value t(table) 2.011 and 2.021, the significant level of 5%. Large correlation coefficient (r) of 0.74 withstrong category, Hence it is known the influence of storytelling through media beamed images of the child's ability to express language group B determinant correlation value (KP) by 86%, it can be concluded that there are significant methods storytelling through media beamed images of the child's ability to express language of group B. This study uses data analysis using statistical parametric form of t-test (t-test), the results of the analysis of the data obtained thitung value ttable 2.011 and 2.021, the significant level of 5%. Large correlation coefficient (r) of 0.74 with the strong category, hence it is known the influence of storytelling through mediaimages of the child's cability to express language group B determinant correlation value (KP) by 86%, it can be concluded that there are significant methods of storytelling through media images of the child's ability to express language of group B. Keywords: Storytelling Method, Media Series Image, Expressing Language

Detail Jurnal