Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TK SYAKIRA KAMAL
    Penulis : KIKI YULIANAH
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B TK Syakira Kamal Kabupaten Bangkalan. Pembelajaran pada anak usia dini dilakukan melalui kegiatan belajar sambil bermain. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Syakira Kamal ditemukan bahwa guru melakukan kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran kelompok yang menyenangkan untuk mengembangkan interaksi sosial anak. Secara tidak langsung interaksi sosial diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak. Interaksi sosial yang dilakukan yaitu melalui kegiatan bermain kolase, puzzle, sepak bola, plastisin, finger painting, dan estafet bola. Interaksi sosial anak dilakukan berdasarkan indikator interaksi sosial anak yang dapat berupa kerjasama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap mengungkapkan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B TK Syakira Kamal yang sebanyak 13 anak. Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,97 dan korelasi pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan bahasa pada anak 94,04%. Analisis data tersebut menunjukkan pengaruh sangat kuat antara interaksi sosial terhadap kemampuan bahasa pada anak. Hal ini berarti kemampuan bahasa sangat diperlukan dalam kerjasama, karena saat berinteraksi dalam suatu kelompok memerlukan percakapan atau bahasa, sehingga interaksi sosial memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Kemampuan bahasa pada anak. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Kemampuan Bahasa Anak, Pendidikan Anak Usia Dini

    Abstraction

    Abstract :Influence of Social Interaction Against Language Ability In Children Group B Syakira Kamal Bangkalan Regency. Learning in early childhood is done through learning activities while playing. Based on the results of preliminary observations in kindergarten Syakira Kamal found that teachers conduct learning activities through group learning fun to develop social interaction of children. Indirect social interaction is expected to develop the ability to express the language of children. Social interaction is done through the activities of collage play, puzzle, soccer, plastisin, finger painting, and football relay. Child's social interaction is based on social interaction indicators of children that can be in the form of cooperation. The purpose of this study to determine the effect of social interaction on expressing the language of children. This research uses a quantitative approach with correlational research techniques. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis using Pearson Product Moment Correlation. The subject of this research is a group of B TK Syakira Kamal as many as 13 children. The results of data analysis obtained correlation value of 0.97 and correlation of social interaction effect on language ability in children 94.04%. The data analysis shows a very strong influence between social interaction on language ability in children. This means language skills are indispensable in cooperation, because when interacting in a group requires conversation or language, so social interaction has a very strong influence on expressing the child's language.

Detail Jurnal