Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Permainan Lego Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A1 di TK Islam Nurul Qur’an SurabayaPenulis : Awalia FitrianiDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa', S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lego terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok A1 di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimental Desain jenis one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A1 di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya dengan jumlah 15 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistik nonparametik. Berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data berupa hasil penilaian pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji normalitas bahwa data pretest (0,2258>0,220), dan data posttest (0,2557>0,220), maka data tersebut menunjukkan bahwa data penelitian ini berdistribusi tidak normal. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan data pada penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon, dapat diketahui bahwa nilai Thitung < Ttabel (0<25), maka Ha diterima. Maka penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan lego terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok A1 di TK Islam Nurul Qur’an Surabaya. Kata Kunci: Permainan lego, Kemampuan kerjasama, Anak Kelompok A
AbstractionABSTRACT This research has the purposes to know the impact of playing Lego to the children’s cooperation ability grade A1 in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya.This research uses the quantitative approach with experiment method and also uses the Pre-experimental Design with one-group pre-test post-test.The subject of this research is 15 students in grade A1 in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya.The writer uses the participant observation and documentation as a data collection method, such as, activity images and daily learning planning.The writer uses nonparametric data analysis techniques. It is the test which has marked Wilcoxon with pretest and posttest. According to the result of normality test that the pretest data (0,2258>0,220), and the posttest data (0,2557>0,220). The data shows that the research data in this study is non-normally distributed data. While, the result of the data calculation uses the test which has marked Wilcoxon. It can be known that the value of Tcount < Ttable (0<25), this Ha is received. Therefore, the research can be concluded that there is the significant impact of playing Lego to the children’s cooperation ability grade A1 in Nurul Qur’an Islam Kindergarten Surabaya. Keywords: Lego games, cooperation ability, children in A group