Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B TK Seruni Perumnas Kamal
    Penulis : Salsabila Arum Zahwa
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B TK Seruni Perumnas Kamal. Berpikir simbolik merupakan kemampuan dalam menggunakan simbol-simbol seperti angka, huruf dan gambar. Berpikir simbolik yang diteliti yaitu dengan metode bermain peran makro untuk menstimulus anak dalam kemampuan menggunakan simbol-simbol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pretest posttest. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B TK Seruni Perumnas Kamal sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 17 maka 0 < 17 sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran makro terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B TK Seruni Perumnas Kamal. Kata Kunci : Metode bermain peran makro, berpikir simbolik, anak usia dini.

    Abstraction

    This research aims to investigate the influence of macro role playing method on the children’s symbolic thinking ability at group B, TK Seruni Perumnas Kamal. Symbolic thinking is the ability to use symbols such as numbers, letters and images. This study was focused on examining macro role playing method to stimulate the children on the ability of using symbols. This research utilized quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental research design in form of one-group pretest posttest. The subject of this study are 13 children at group B, TK Seruni Perumnas Kamal. Data were collected through observation and documentation. Then, data were analyzed by using wilcoxon level test. The result of data analysis was revealed that t count value is 0 and T table value 17, as 0 <17, then Ha was accepted. Based on the data analysis, it shows there is a significant influence on macro role playing method on the children’s symbolic thinking ability at group B, TK Seruni Perumnas Kamal Keywords : Method of playing the role of macro, symbolic thinking, Early Childhood.

Detail Jurnal