Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menggambar Kelompok A di TK Raudlotul Ulum Bangkalan
    Penulis : HALIMATUS SYA’DIYAH
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., MA
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar anak kelompok A di TK Raudlotul Ulum. Metode demonstrasi digunakan peneliti untuk mengembangkan kemampuan menggambar anak dalam aspek mencoret dan menjiplak bentuk gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-tes post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, terstruktur dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 1,07 dan nilai Ttabel 2,587 maka 2,586 > 1,07 dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar anak. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Menggambar, Anak Kelompok A.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of demonstration methods on the ability to draw a group A children in kindergarten Raudlotul Ulum. Methods of demonstration used by researchers to develop the ability to draw children in the aspect of crossing and tracing the image. This research uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research Design type one-group pre-test post-test. The population in this study were children of group A, consisting of 9 boys and 11 girls. Data collection techniques through participant observation, structured and documentation in the form of photographs of activities and plans of daily learning. Data processing using t test data analysis. The result of data analysis obtained by T_hitung 1.07 and T_tabel 2.587 then 2.586 > 1.07 and Ha accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between demonstration methods on children's drawing ability. Keywords: Method Of Demonstration, Ability To Draw, Children Group A.

Detail Jurnal