Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Keaksaraan Kelompok B TK BUDILUHUR Tlogorejo Sukodadi Lamongan
    Penulis : Etika Rahmah Wulandari
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Titin Faridatun Nisa’ S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan keaksaraan pada kelompok B di TK BUDILUHUR Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain penelitian Preeksperimental jenis one-group pre-test post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK BUDILUHUR Tlogorejo Sukodadi Lamongan sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai T hitung yaitu 3,00 dan nilai T tabel sebesar 2,056 maka T hitung ix > T tabel diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran multisensori terhadap kemampuan keaksaraan anak. Besar pengaruhnya yakni 0,30. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Multisensori, Kemampuan Keaksaraan, Anak Usia Dini.

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the effect of the multisensory method on literacy ability in group B in TK BUDILUHUR Tlogorejo Sukodadi Lamongan. This study uses a quantitative approach using the experimental method of pre-experimental research type one-group pre-test post-test. The subjects of this study were children of group B in TK BUDILUHUR Tlogorejo Sukodadi Lamongan as many as 14 children. Data collection techniques through participant observation and documentation. Data processing uses t-test. The results of the data analysis showed that the T count value was 2.056 then T count > T table x value was 3.00 and the T table was accepted. Based on the data analysis shows that there is a significant influence between multisensory learning methods on children's literacy skills.The effect is 0.30. Keywords: Multisensory Learning Methods, Literacy Ability, Early Childhood.

Detail Jurnal