Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK K Abdullah Ubaid
    Penulis : Yuniar Cicilia Kanthi
    Dosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. K. Abdullah Ubaid Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental desain, jenis one- group pre- test post-test. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun di TK. K. Abdullah Ubaid Surabaya, dengan jumlah 18 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan analisis data dengan menggunakan uji-T (t-test) maka hasil analisis data diperoleh nilai ???????????????? sebesar -5,43 dan ??????????????? sebesar - 2,314, pada taraf signifikan 5%. Dengan besar nilai koefisien korelasi ( ) sebesar 0,93 dengan kategori sangat kuat, sehingga diketahui besar pengaruh antara metode demonstrasi dengan perkembangan motorik halus anak di TK. K. Abdullah Ubaid Surabaya (KP) sebesar 0,86%. Serta dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. K Abdullah Ubaid Surabaya. Kata kunci : metode demonstrasi, perkembangan motorik halus, pendidikan anak usia dini

    Abstraction

    The purposes of this study is finding out the impacts of demonstration method concerning on the development of soft motor skill for 5-6 years child at K. Abdullah Ubaid Kindergarten, Surabaya. This study applies quantitative approach using experiment method in Pre-Experiment design in one- group pre-test post-test type. The main subject of this study is 5-6 years child at K. Abdullah Ubaid Kindergarten, Surabaya, and amount of 18 children. Meanwhile, technique of collecting data uses observation and documentation. This study applies the data analysis that using experiment-T (t-test) thus, the result of analyzing data is getting score ????????? around -5, 43 and ??????????????? around -2,314, in the significant level 5%. Therefore, the correlation of efficient score ( ) around 0,93 with the strong categorize. According the result, the biggest impact between demonstration method and the development of soft motor skill at K. Abdullah Ubaid Kindergarten, Surabaya, (KP) around 0,86%. It is concluded that there is the impact of demonstration method concerning on development of soft motor skill for 5-6 years at K. Abdullah Ubaid Kindergarten, Surabaya. Keywords: demonstration method, soft motor skill, early childhood education.

Detail Jurnal