Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 3 KAMALPenulis : Siti WarniyantiDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, M. PsiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, M. PdAbstraksi
Siti Warniyanti. 2018. Pengaruh Bermain Balok Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK PGRI 3 Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Dwi Nurhayati Adhani, M.Psi., dan Yulias Wulani Fajar, M.Pd. ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bermain balok terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK PGRI 3 Kamal. Berhitung merupakan bagian dari matematika yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan. Bermain dengan menggunakan balok-balok ialah menghasilkan beberapa pengalaman bagi anak. Bermain balok, anak dapat melatih kerja sama ataupun koordinasi fisik pada anak, selain itu anak dapat memahami konsep matematika misal, anak dapat menyusun, membandingkan dan menghitung banyak balok yang disusun oleh anak. Metode yang akan dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen(pre-exsperimental designs) dengan jenis One-Group Pretest-Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di TK PGRI 3 Kamal usia 5-6 tahun yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan statistik inferensial parametris yang dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pembahasan pada bab IV dapat dilihat nilai rXy sebesar 0,601 lebih besar dari nilai rtabel 0,532. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain balok terhadap kemampuan berhitung. Dengan nilai rXy sebesar 0,601 dapat dikategorikan bahwa perkembangan kemampuan berhitung anak setelah dilakukakan treatment (bermain balok) berada pada tingkat kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yaitu ada pengaruh bermain balok dalam mengenalkan perbedaan berdasarkan ukuran dan bentuk serta mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil terhadap perkembangan kemampuan berhitung siswa di TK PGRI 3 Kamal. Kata Kunci: Metode bermain balok, kemampuan berhitung, anak usia dini
AbstractionSiti Warniyanti. 2018. The Effect Of Playing Block To The Ability Of Counting Group B Children In Kindergarten PGRI 3 Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Dwi Nurhayati Adhani, M.Psi., dan Yulias Wulani Fajar, M.Pd. ABSTRAK The purpose of this research is how the effect of playing block to the ability of counting group B children in kindergarten PGRI 3 Kamal. Counting is a necessary part of mathematics in everyday life, especially the concept of numbers. Playing with the beams is producing some experience for the child. Playing blocks, children can train the cooperation or physical coordination in children, in addition children can understand the concept of mathematics for example, children can compile, compare and count the many blocks are arranged by the child. The method will be conducted using quantitative experimental approach with Pre-Experiment design (pre-exsperimental designs) with type One-Group Pretest-Postest Design. Subjects in this study were students in kindergarten PGRI 3 Kamal aged 5-6 years, amounting to 14 children. Data collection techniques used by researchers is observation and documentation. Technique of data analysis in this research that is using parametric inferential statistic done by using t test. Based on result of research and result of discussion at chapter IV can be seen value of rxy equal to 0,601 bigger than rtabel value 0,532. This shows that there is an effect of playing the beam on the ability to count. With a value of rxy of 0.601 can be categorized that the development of the ability of counting children after dilakukakan treatment (play beam) is at a high category level. So it can be concluded that the alternative hypothesis which is there are influence play beams in introduce distinctions based on size and shape and rank objects based on the size the smallest to the development of the ability count students in kindergarten PGRI 3 Kamal. Keyword: The method of play blocks, the ability to count early childhood