Detail Karya Ilmiah

  • Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Di Taman Kanak-Kanak AZ Tanah Merah Bangkalan).
    Penulis : Siti Mufarohah
    Dosen Pembimbing I : M.Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani M. Psi., Psi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak AZ Tanah Merah Bangkalan. Kompetensi kepribadian merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan keakraban hubungan guru dengan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di Taman Kanak-Kanak AZ Tanah Merah Bangkalan dengan jumlah 3 guru dan satu orang kepala sekolah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi non-partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan catatan-catatan yang ada di sekolah. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan menggambarkan keadaan yang ada dalam obyek penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat observasi dan wawancara terdapat 3 guru dan kepala sekolah dengan melihat kompetensi kepribadian yang dimiliki guru. Hasil analisis data kompetensi kepribadian guru di Taman Kanak-Kanak AZ Tanah Merah Bangkalan setelah melakukan observasi dan wawancara didapatkan 2 orang guru dan kepala sekolah yang memiliki kompetensi kepribadian yang kurang baik. Guru masih kesulitan dalam mengelola emosi dengan stabil kepada anak yang membuat kegaduhan di dalam kelas dengan melakukan kekerasan fisik kepada anak. Guru tidak menunjukkan sikap berakhlak mulia dengan berprilaku kurang baik, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Guru tidak menjadi teladan bagi anak karena masih memberikan contoh yang kurang baik dengan melakukan kekerasan fisik kepada anak sehingga anak mencontohnya. Guru tidak mampu menunjukkan sikap disiplin waktu karena guru datang dan pulang sekolah tidak tepat waktu. Guru tidak bertanggung jawab dan menunjukkan etos kerja yang tinggi karena guru tidak melengkapi administrasi sekolah. Guru tidak mampu menunjukkan kode etik guru karena guru kurang ber etika baik kepada siswa dengan melakukan kekerasan fisik kepada anak sehingga anak merasa tidak mendapatkan perlindungan. Namun tidak semua kompetensi kepribadian tidak mampu dilakukan, disini guru mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang bertindak sesuai dengan norma sosial, budaya, menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, mantap, dewasa dan berwibawa. Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian Guru, Anak Usia Dini.

    Abstraction

    This study has an objective to know the personality competencies of early childhood teachers in AZ Kindergarten of Tanah Merah Bangkalan. Personality competence is one of the elements that determine the intimacy of teachers and students relationship. This study uses qualitative method with descriptive approach. Subjects in this study are teachers at AZ Kindergarten of Tanah Merah Bangkalan with a total of 3 teachers and a headmaster. This study uses technique of collecting data of non-participant observation, semi-structured interview, and documentation in the form of photographs of activities and records that exist at school. The study uses descriptive data analysis technique by describing the existing state in the object of study. The results of the study obtained at the time of observation and interview of 3 teachers and headmaster by looking at their personality competencies. The results of data analysis of teachers’ personality competencies in AZ Kindergarten of Tanah Merah Bangkalan after conducting observation and interview show that there are 2 teachers and headmaster who have poor personality competencies. Teachers still have difficulty managing their emotion to the students who make noise in the classroom by physically abusing the students. Teachers do not show the attitude of noble character by behaving poorly, both in words and deeds. Teachers do not become a role model for students because they still provide poor examples by physically abusing students so the students imitate it. Teachers are unable to show discipline because they do not come to school and go home from school on time. Teachers are not responsible and do not show a high work ethic because they do not complete school administration. Teachers are unable to show the code of ethics of teachers because they do not have good ethics to the students by physically abusing students so the students feel that they do not get any protection. However, not all personality competencies cannot be done, the teachers are able to show themselves as a person who acts in accordance with social and cultural norms, presenting themselves as honest, steady, mature, and authoritative person. Keywords: Competence, Teacher Personality, Early Childhood.

Detail Jurnal