Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN BAHAN ALAM TERHADAP PENGETAHUAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B (USIA 5-6) TAHUN DI TK AL-IZZAH MOJOKERTOPenulis : IFATIN NI’MAHDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, M.Psi., PsiDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, M.Psi.,PsiAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen berbantuan bahan alam terhadap pengetahuan sains pada anak kelompok B usia (5-6) tahun di Tk Al-izzah Mojokerto. Penelitian ini membahas tentang metode eksperimen dengan bantuan bahan alam yang dicari pengaruhnya terhadap pengetahuan sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen desain one group pretest-posttest. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Al-Izzah Mojokerto sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan menggunakan uji normalitas liliefers. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung 0, 610 > Ttabel 0,234. Maka dapat disimpulkan Ho diterima yang artinya data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Selanjutnya peneliti melakukan uji jenjang Wilcoxon. Dari perhitungan uji wilcoxon peneliti memperoleh hasil bahwa Thitung < Ttabel (0 < 17). Hal ini menunjukkan bahwa nilai Ttabel lebih besar dari pada Thitung. Jadi, apabila Thitung < Ttabel (0<17). Analisis dari hasil tersebut adalah ada pengaruh metode eksperimen berbantuan bahan alam terhadap pengetahuan sains pada anak kelompok B usia (5-6) tahun di Tk Al-Izzah Mojokerto.
AbstractionThe aim of this study was to find out the effect of experimental methods natural assisted materials on science knowledge in B group students 5 to 6 years old at Tk Al-Izzah Mojokerto. This study discusses the experimental methods assisted natural materials that sought its effect on science knowledge. This study uses the quantitative approach with one group pretest-posttest design. The subjects in this study were B group students 5 to 6 years old at Tk Al-Izzah Mojokerto as many as 13 students. The data collection techniques in this study using observation and documentation. Data processing using liliefers normality test. The result of data analysis obtained the value of tcount 0, 610 > ttable 0,234. Therefore, it can be concluded that Ho accepted which means the data obtained was not normally distributed. Furthermore, the researcher conducted a Wilcoxon level test. From the calculation of Wilcoxon test, the researcher obtained the result that tcount < ttable (0 <17). It shows that the ttable value was greater than tcount. Thus, if tcount < ttable (0 <17). The analysis of these results was the effect of experimental methods assisted natural materials on science knowledge in B group students 5 to 6 years old at Tk Al-Izzah Mojokerto.