Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENDA PADA KOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PAPAR TAHUN AJARAN 2017/2018Penulis : TANTRI ARDIANTIDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari, S.Psi, M.PsiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd, M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan klasifikasi benda pada kelompok B di TK Dharma Wanita Papar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis one group pretest-postest yang terdiri dari pretest-treatment-posttest subyek dalam penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B di TK Dharma Wanita Papar yang berjumlah 18 anak. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data berupa statistik non parametrik. Berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretetst terdapat 3 anak dengan kriteria belum berkembang, 7 anak dengan kriteria mulai berkembang, dan 8 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Penilaian posttest setelah dilakukan treatment dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif menggunakan media realia di dapatkan 3 anak dengan kriteria mulai berkembang, 7 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan, dan 8 anak dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh nilai T hitung = 0 lebih kecil dari nilai T tabel yaitu 40. Sehingga hasil pengambilan keputusannya yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima Karena T hitung < T tabel (0<40). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan klasifikasi benda pada kelompok B di TK Dharma Wanita Papar.
AbstractionThis study is animed to determine the influence of using media realia to the abilty of object classifcation in group B in kindergarten Dharma Wanita Papar. This study usesquantitative method whit one group pretest –posttest type of experimental approach consisting of pretest-treatment-posttest. the subjects in this study is students in group B in kindergarten Dharma Wanita papar as much as 18 children. This study uses data collection techniques with observation and documentation. Researcher uses data analysis in the form of non parametrick statistics, from a test level marked wilcoxon with data pretest and posttest assesment results. The results of this study is obtained that on pretest there are 3 children with criteria not yet developed, 7children wuth criteria began to grow and 8 children with criteria evolve as expected. Postest assement after treatment using cooperatif learningmodel using media realia is obtained 3 children with criteria begin to grow, 7 children with criteria as expected, and 8 children with criteria develoloped very well. The result of calculaton by using test level marked wilcoxon is obtained value of count=0 smaller than value of Ttabel that is 40, thus H0 (null hypothesis) is accepted becauses Tcount < Ttabel (0<40. The conclusion of this study is there is influence of using media realia to the ability of object classification in group B at TK Dharma Wanita Papar .