Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH AL-FURQON TALANGO-SUMENEPPenulis : BUSIYANIDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi., M.ADosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiAbstraksi
Busiyani 2018. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 tahun Di TK Aisyiyah Al-Furqan Talango-Sumenep. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usai Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Dosen pembimbing I Siti Fadjriyana Fitroh,S.Psi, M.A dan Dosen Pembimbing II Dewi Mayangsari, S.Psi, M.Psi. ______________________________________________________________ Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku prososial anak usia5-6 tahun di TK Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep. Perilaku prososial merupakan kemampuan anak berperilaku dalam lingkungan seperti anak mempunyai sikap tolong menolong, berbagi,adalah salah satu perkembangan yang harus dimiliki oleh anak dan harus ditanamkan sejak dini, karena perilaku prososial sangat diperlukan untuk persiapan diri menjadi pribadi yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain dengan desain pre-eksperimental desain jenis one-group pretes posttes. Subjek penelitian ini merupakan anak usia 5-6 TK Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dpkumentasi. Taknik analisis data menggunakan uji jenjang Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 35 maka 0<35 sehingga H? diterima. Berdsarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep. Kata kunci: Metode Bercerita, Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun
AbstractionABSTRAK Busiyani 2018. The Influence of Storytelling Methods on Children's Prosocial Behavior Aged 5-6 years in Aisyiyah Al-Furqan Talango-Sumenep Kindergarten. Thesis of Early Childhood Education Study Program Faculty of Education, Trunojoyo Madura University. Supervisor I Siti Fadjriyana Fitroh, S.Psi, M.A and Supervisor II Dewi Mayangsari, S.Psi, M.Psi. ______________________________________________________________ The purpose of this study to determine the effect of the method of telling the behavior of prosocial children aged5-6 years in kindergarten Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep. Prosocial behavior is the ability of children to behave in an environment such as children have a helpful attitude, sharing, is one of the developments that must be owned by the child, and must be instilled from an early age. because prosocial behavior is necessary to prepare yourself to be a good person. This research uses quantitative approach using experimental method with design with pre-experimental design design type one-group pretest posttes. The subjects of this study are children aged 5-6 kindergarten Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep as many as 17 children. Data collection techniques through observation and documentation. Taknik data analysis using test level wilcoxon.tasil data analysis obtained tcount value is 0 and value Ttabel 35 then 0 <35 so H? accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between the storytelling method toward the behavior of prosocial children 5-6 years old in Aisyiyah Al-furqon Talango-Sumenep kindergarten. Keywords: Storytelling Method, Early Child Prosocial Behavior 5-6