Detail Karya Ilmiah
-
Dampak Disiplin Negatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Mojosari Kras KediriPenulis : Siti Akilatul ZahrokDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adhani, M. Psi., PsiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan dampak disiplin negatif pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Mojosari Kras Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan yang ada di sekolah. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan menggambarkan keadaan yang ada dalam objek penelitian. Hasil analisis data dari dampak disiplin negatif pada anak usia 5-6 tahun setelah melakukan observasi dan wawancara didapatkan 4 anak yang masih memiliki kedisiplinan kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran disiplin negatif seperti guru memberikan hukuman mencubit, memukul, menjewer, dan membentak pada anak usia 5-6 tahun ketika anak melanggar peraturan. Salah satu kedisiplinannya yaitu disiplin waktu proses belajar mengajar berlangsung. Ditemukan dampak dari disiplin negatif yaitu anak semakin disiplin dalam semua hal di sekolah, mendengarkan guru, mengerjakan tugas yang diberikan guru. Ditemukan perbedaan dampak disiplin negatif antara anak laki-laki dan perempuan. Terlihat pada anak laki-laki menunjukkan sikap sabar ketika ingin pulang sebelum waktunya, saat mengerjakan tugas dengan menunjukkan ekspresi santai dan tidak menoleh-noleh. Sedangkan anak perempuan menunjukkan sikap tidak sabar ketika ingin pulang dan menoleh-noleh ketika pelajaran berlangsung. Kata Kunci: Dampak Disiplin Negatif, Anak Usia Dini, Anak Usia 5-6 Tahun.
AbstractionThis research is aimed to find out the representation and the effect of negative discipline into children at 5-6 years old in a kindegarten which is name Dharma Wanita Mojosari Kras Kediri. This research uses qualitative approach of descriptive methods. There are 4 children which are became subject in this research. The researcher uses the technique of collecting data of passive participation observation, semistucture interview, and documentation such as the picture of activity in that chool. The researcher uses the technique of analysing descriptive data by representing the conditin that happen in the object of research. The effect of analysing data from the effect of negative discipline at child 5-6 years old after doing observation and interview is obtained 4 children that still have less discipline. The result of this research indicates that the representation of negative discipline such as teacher who giving punishment such as nipping, hitting, reprimanding, and snapping at child at 5-6 years old when they break the ordinance. One of the discipline is the discipline of time in studying and learning process. It is found the effect from negative discipline are: children more discipline in all of aspects in the school, listening teacher, and doing the task from the teacher. It looks at male childrenwho is showing patient attitude when they want to go home before certain time, when they do the task by showing enjoy expression and also they dont turn their head into the other. Meanwhile, female is calmer than male by showing rilax posture when the task is not finish yet. Keywords: The effect of negative discipline, early childhood, children at 5-6 years old