Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan antara Kebugaran Jasmani dengan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di RA Nurul Hikmah Pamekasan
    Penulis : Nur Khairin Nisak
    Dosen Pembimbing I : Titin Faridatun Nisa’, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani dengan motivasi belajar anak kelompok B di RA Nuirul Hikmah Pamekasan. Data kebugaran jasmani diperoleh melalui tes kebugaran jasmani yang dilakukan secara berurutan dari tes satu sampai tes empat, yaitu ttes merangkak menggunakan tangan dan kaki, bergelayutan di tangga horizontal, lari bolak-balik 5x10 meter, dan duduk selunjur dengan tangan menjulur ke depan sampai jangkauan maksimal. Sedangkan data motivasi belajar anak diukur dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada guru kelas dan pendampingnya. Metode penelitian menggunakan analisis korelasional untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian terdapat hubungan antara kebugaran jasmani dengan motivasi belajar anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Pamekasan, ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,95 termasuk dalam t ingkat hubungan “Sangat Kuat”. Kontribusi kebugaran jasmani terhadap motivasi belajar anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Pamekasan sebesar 90,25% dan sisanya sebesar 9,75% ditentukan oleh variabel lain. Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar Anak

    Abstraction

    This research aims to observe the relation between physical fitness and students studying motivation of group B at RA Nurul Hikmah Pamekasan. The physical fitness data was collected through physical fitness test done systematically from firs test until fourth test. The test are of doing crawl using the two hands and feet, doing hanging on horizontal ladder, doing running go and back 5x10 metres, and pulling box. While the students studying motivation data was gotten from questioneers filed by the teachers and counselor teachers. The research method used correlational analysis to determine the grade relation between the two variables or more. The result was there is a relation between the physical fitness and students studying motivation of group B at RA Nurul Hikmah Pamekasan, showed by correlation point namely 0,95 that is categorized as “Very Strong”. The contribution of physical fitness to students studying motivation of group B at RA Nurul Hikmah Pamekasan is 90,25% and the rest was contributed by the other variable. Keywords: Physical Fitness, Student Studying Motivation

Detail Jurnal