Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Koopatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Kelompok B (di TK Dharma Wanita 1 Puhkerep Rejoso Nganjuk).Penulis : Riana RahayuDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh S. Psi., MADosen Pembimbing II :Dewi Mayang Sari S.Psi.,M.PsiAbstraksi
Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam membekali masa depan dan pendidikan selanjutnya adalah perkembangan kognitif khususnya kemampuan berhitung permulaan. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut yaitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan behitung permulaan pada kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desaign penelitian pre-eksperimental desaign one-gruop pretest-posttets. Jumlah sampel 14 anak pada kelompok B, teknik pegumpulan data menggunakan observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana kegiatan pelaksanan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung
AbstractionOne of the most important capabilities for to develop in providing for the future and further education is cognitive development, especially early numeracy skills. It needed of learning model that can be improved that ability. So this study aims to determine the effect of cooperative learning model used to make a match type to the early numberacy skills in group B. This research uses to a quantitative approach by using experimental method with desaign pre-experimental study of villageign one-gruop pretest-posttets. The number of samples 14 children in B group, the data collection techniques using participant observation and documentation in the form of photos activities and daily activities of learning implementation. The data processing uses test data analysis of Wilcoxon. The result of data analysis obtained the value of Thitung