Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B di TK Nurul Qasim Besuki SitubondoPenulis : Isnain Suci NingrumDosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah adanya pengaruh atau tidak dengan adanya metode bermain peran makro terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di TK Nurul Qasim Besuki Situbondo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimental dengan model Pre Experimental Design One Group Pretest Posttest Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di TK Nurul Qasim Besuki Situbondo hasil pretest menunjukkan bahwa terdapat 2 anak yang tergolong kriteria belum berkembang (BB), serta 13 anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (MB). Sedangkan kemampuan bahasa ekspresif anak sesudah perlakuan hasil posttest menggunakan metode bermain peran makro terdapat 3 anak termasuk kategori mulai berkembang (MB), 5 anak masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 7 anak masuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Pengolahan data menggunakan analisis data uji bertanda Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 25 maka 0 < 25 dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran makro terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di TK Nurul Qasim Besuki Situbondo. Kata kunci : Metode Bermain Peran Makro, Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak, Anak Usia Dini,
AbstractionThe purpose of this study is the research is there are efect or not in existence role play method macro to the child expressive language ability group B of children at TK Nurul Qasim Besuki Situbondo. In the reserch researchers using quantitative approach experimental method with design pre experimental, with One –Group Pretest-Posttest. collection data in this reserch using two tekhnic there are observation and documentation the result of the development the child ekspresive language ability group B at TK Nurul Qasim Besuki Situbondo. The result of the present showing that there are 2 children whic is classified on undergrow criterion (BB) and 13 children whic classified criteria begin to grow (MB) while development the child expressive language ability after the treatment of posttest result using the macro role play method are three child including the category began to grow (MB) five childrens ingclude the grow category chording to expectations (BHS) seven childrens ingclude the grow. Category very good (BSB) data processing using analysis of sixnet test data wilcoxon with signivicant level 5%. The result analysis data get value Thitung is 0 and value Ttabel 25 so 0 < 25 and Ha is accepted. Based on analysis showing that ther is a signivicant influence between the macrp role play method to the ability of the child’s expressive language group B at the TK Nurul Qasim Besuki Situbondo. Keywords: Macro Role Playing Method, Child's Expressive Language Ability, Early Childhood,