Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B TK TK ABA 09 Socah
    Penulis : Miftakhul Jannah
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadryana Fitroh, S.Psi., MA
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap kreativitas anak kelompok B TK ABA 09 Socah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa pre eksperimental dengan desain one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B TK ABA 09 Socah dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Berdasarkan teknik tersebut, maka semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, yaitu saat kegiatan pretest dan posstest. Validitas yang digunakan adalah validasi kontruk melalui pendapat ahli (judgment experts) yang menunjukkan instrumen yang digunakan valid. Uji reliabilitas menggunakan internal consistenscy yaitu dengan observasi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Hasil perhitungan dari uji normalitas diketahui pretest (0.3936 > 0.1950) dan posstest (0.4168 > 0.1950). dapat diketahui dari hasil nilai pretest dan posstest bahwa nilai perhitungan dengan menggunakan uji normalitas menggunakan Liliefors data yang diperoleh merupakan data yang tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil normalitas tersebut, maka teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji bertanda Wilcoxon, diketahui bahwa nilai T viii hitung < T atau (0 < 52). Hasil tersebut menunjukkan nilai T tabel lebih besar dari pada T , maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pemberian tugas terhadap kreativitas anak kelompok B TK ABA 09 Socah. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Kreativitas, Anak Usia Dini

    Abstraction

    The purpose of this research is to discover the influence of assignment method to the children in B group kindergarten’s creativity ABA 09 Socah. This research using quantitative method. The method is kind of pre experiment with one-group pre-test post-test design. The population in this research is B group kindergarten ABA 09 Socah by using sample saturated method. Depend on that, so the population sheaf become one because it found less than 30 kids. The progress of data collection using technique of observation and documentation such as in pretest and posttest activity. Validity which used is construct through judgment expert who stated the valid instrument. Reliability test using internal consistency with observation. Before collect the data, first doing the normality test by using the Liliefors test. The results of normality test are known to be pretest (0.3936> 0.1950) and posttest (0.4168> 0.1950) can be known from the results of pretest and posttest value that the number of calculation with normality test by using Liliefors data which is not normally distributed. Based on the results of normality, the data analysis technique used using Wilcoxon test and has been known that the score of T or (0 <52). The result shows that T table is bigger than T score, so its concluded there are the influence of assignment method to creativity of B group of kindergarten ABA 09 Socah. Keywords: Assignment Method, Creativity, Early Childhood

Detail Jurnal