Detail Karya Ilmiah
-
engaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Muslimat Nu Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018Penulis : Elisa AnggrainiDosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, M.A.Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd, M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan membilang anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan. Permainan tradisional congklak digunakan untuk menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak dalam kemampuan membilang yaitu membilang banyak benda, membilang dengan menunjukan benda, membilang atau menyebutkan urutan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimental Desain jenis one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik dengan rentang usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Darul Hikam Tracal dengan jumlah 17 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis statistik yaitu nonparametrik dengan pengujian normalitas lilieofers berupa hasil dari penilaian pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan permainan tradisional congklak menunjukan bahwa ada pengaruh dalam kemampuan membilang pada anak usia 4-5 tahun, diketahui dari hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon bahwa Thitung < Ttabel (0<35). Hal ini menunjukkan bahwa nilai Ttabel lebih besar dari pada Thitung. Jadi, apabila Thitung
AbstractionThis research aims to fine out the influence of traditional congklak game to the abilitiy of counting children aged 4-5 years in kindergarten Muslimat NU Darul hikam Traccal Karanggeneng Lamongan. Traditional games congklak used to stimulate aspects of cognitive development of children in the ability to spell, spelled out many objects, object, counting or mentioning the sequence of numbers, this research uses quantitative method with pre-experimental approach of type one group pretest-posttest design, subjets in this study are students with 4-5 years age range in kindergarten Muslimat NU Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan with a total of 17 children. This research uses data collection technique with participant observation and documentation,the resear uses statistical analysis technique that is nonparametri with lilieofers normality test, in the from of result of pretes and posttest assessment, the result of this research by using traditional congklak game shows that there is influence in the ability to count on children aged 4-5 years is known from the test results hypothesis using the test that Thitung < Ttabel (0<35). This shows that the table value is greater than Thitung, so if Thitung < Ttabel (0<35) then the research hypothesis is accepted that there is the influence of traditional games congklak to the ability of children spelled out in children aged 4-5 years in kindergarten Muslimat NU Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan academic years 2017/2018. Keywords:Traditional ccongklak research, Ability to count on children aged 4-5 years