Detail Karya Ilmiah

  • pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak usia 5 - 6 tahun di TK Tunas Mekar deketagung sugio Lamongan 2017/2018
    Penulis : dwi astutik
    Dosen Pembimbing I : dewi mayang sari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :siti fadjryana fitroh, S.Psi., MA
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Mekar Deketagung Sugio Lamongan. Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran karyawisata yang digunakan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak khususnya dalam aspek klasifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK Tunas Mekar Deketagung Sugio Lamongan sebanyak 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai yaitu -6,76 dan nilai sebesar 2,074 maka (2,074 > -6,76) dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan kognitif anak. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Karyawisata, Kemampuan Kognitif, Anak Usia 5-6 Tahun.

    Abstraction

    The aim of this study to determine the effect of using the method of learning field trip to the cognitive abilities of children aged 5-6 years in kindergarten Tunas Mekar Deketagung Sugio Lamongan. Learning method is a way used by educator to achieve a purpose of learning. The learning method used is the method of learning study tour that is used to stimulate the cognitive abilities of children, especially in the aspect of classification. This research uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research Design type one-group pre-test post-test. The subject of this study is a group B in Tunas Mekar Deketagung Sugio Lamongan as many as 12 children. The techniques of collecting data through participant observation and documentation in the form of photos of activities and plans of daily learning. Data processing uses t-test data analysis. The result of data analysis obtained value that is -6,76 and value t table to 2,074 so ttable > tcount (2,074 > -6,76) and Ha is accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between the use of learning method of study tour to the cognitive abilities of children. Key Word : Fun Cooking Method, Color’s Classification Ability, Early Childhood Education.

Detail Jurnal